Jakarta (ANTARA) - Samsung kembali meluncurkan ponsel pintar pada "entry level", yakni Galaxy A06 yang dilengkapi sistem keamanan berlapis "Samsung Knox Vault" guna melindungi data pengguna.

Samsung sudah menanamkan Knox Vault yang sudah tersertifikasi EAL5+ untuk mengamankan data sensitif seperti PIN atau pola lockscreen.

"Jadi fitur Knox Vault sebelumnya hanya hadir di Galaxy A8 sampai dengan flagship. Kali ini kita bawa turun sampai dengan Galaxy A06. Knox Vault ini sudah tersertifikasi oleh EAL5+ dan disini ada banyak sekali fitur yang kita coba kita bawa, turunannya, seperti 'auto blocker'," kata MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi saat gelaran Media Hands-on Galaxy A06 di kawasan Jakarta Selatan, Jumat.

Knox Vault juga mendukung Secure Folder, yang bisa menjaga data penting pada ponsel pengguna agar tidak mudah dibobol.

Pengguna juga bisa menyimpan berbagai aplikasi penting seperti mobile banking agar tetap terlindungi secara maksimal dalam ruang "Secure Folder".

Baca juga: Samsung Galaxy A06 rilis di Indonesia, dilego mulai Rp1,5 jutaan

Baca juga: Samsung hadirkan fitur AI dalam seri Galaxy A55/A35


Galaxy A06 juga sudah mengintegrasikan sensor sidik jari di tombol power untuk membuka kunci layar atau masuk ke aplikasi-aplikasi penting. Sehingga, pengguna tetap terlindungi saat melakukan pembayaran digital dan mencegah ponsel dibuka oleh orang yang tidak berhak.

"Untuk secure folder ini, kita bisa punya satu lagi 'storage' atau ruang di dalam ponsel kita yang punya pengamanan lebih atau ada pengamanan ganda. Mulai dari bisa kita tambahkan fitur pengaman seperti pin, pattern, ataupun sidik jari kita. Jadi, kita bisa memasukkan berbagai jenis aplikasi yang sifatnya privat," ungkap Ricky.

Galaxy A06 juga sudah dilengkapi dengan fitur Auto Blocker yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan otomatis pada ponsel.

Fitur tersebut secara otomatis dapat mendeteksi dan memblokir ancaman potensial, seperti APK yang dibungkus dalam pesan foto undangan atau paket dari sumber yang tidak dikenal.

Ketika diaktifkan, Auto Blocker akan mencegah APK tersebut diinstall di ponsel, sekalipun telah mengunduhnya.

Pengguna dapat secara dengan mudah mendapatkan perlindungan penuh dari fitur Auto Blocker, caranya:
- Buka Settings di Galaxy A06,
- Klik Security and Privacy,
- Klik “Auto Blocker”,
- Pastikan Auto Blocker kamu dalam keadaan “ON”.

Untuk kenyamanan dan keamanan, ponsel ini akan mendapat pembaruan keamanan secara rutin selama empat tahun dan pembaruan OS hingga dua generasi.

Dengan fasilitas ini, ponsel akan tetap terproteksi dari berbagai bentuk ancaman terkini dan kamu dapat terus menikmati fitur-fitur baru melalui update OS.

Selain itu, pembaruan ini juga memungkinkan pengguna merasakan fitur-fitur terbaru tanpa harus membeli perangkat baru, sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik dan efisien.

Baca juga: Fitur "Circle to Search" diperluas aksesnya untuk Galaxy S21 FE

Baca juga: Samsung bawa fitur Circle to Search ke seri Galaxy A dan Tab S9 FE

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 resmi meluncur di Indonesia

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024