Malang Raya (ANTARA) - Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (UB), Abdul Ghofar, DBA, memaparkan tiga pola penting dalam upaya memajukan ekonomi suatu negara, yakni inovasi, inklusivitas dan keberlanjutan.

"Dalam pembangunan ekonomi ada hal penting yang perlu diperhatikan, yakni inovasi, inklusivitas dan keberlanjutan," kata Abdul Ghofar di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Baca juga: FEB Universitas Brawijaya: Produk Jatim diminati pasar luar negeri

Abdul Ghofar mencontohkan China merupakan salah satu negara di Benua Asia yang mampu mengimplementasikan tiga pola tersebut, sehingga memberikan dampak pada perekonomian yang terdorong ke arah lebih maju.

"Keberhasilan China dalam memajukan ekonominya, terutama di bidang teknologi manufaktur dan pengembangan perkotaan," ujarnya.

Tiga pola itu juga dipaparkannya dalam agenda seminar internasional bertajuk Global Economic transformation: unlocking the Power of innovation, inclusion, and Sustainability, di Gedung F Lantai 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB beberapa waktu lalu.

Pada agenda tersebut, sebanyak 73 karya tulis dari berbagai negara, seperti Thailand, Pakistan, Indonesia, China, Malaysia, Jepang, dan Australia.

Hal ini menunjukkan tingginya minat akademisi dan praktisi untuk berbagi pengetahuan dan ide inovatif dalam pengembangan ekonomi yang inklusif.

Diharapkan seminar internasional tersebut dapat menjadi wadah bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya mendapatkan pengetahuan baru terkait perkembangan perekonomian global.

Baca juga: Peneliti sebut penguatan UMKM jaga kebangkitan ekonomi Malang Raya

Baca juga: Program hilirisasi SDA pemerintah beri nilai tambah perekonomian


"Dengan adanya pertukaran ide dan pengetahuan lintas negara, semoga dapat tercipta solusi-solusi inovatif untuk mengatasi berbagai tantangan pembangunan yang dihadapi saat ini," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Dr.rer.pol. Ferry Prasetyia menyampaikan bahwa konferensi ini merupakan wadah bagi para peneliti, praktisi, pembuat kebijakan untuk berbagi ide, temuan penelitian, dan pengalaman.

"Topik utama yang dibahas, seperti keuangan, perbankan, teknologi finansial, masa depan keuangan, keuangan hijau, dan stabilitas investasi industri halal dalam ekonomi global," kata dia.

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024