Kami percaya melalui inisiatif ini, masyarakat China akan melihat kemungkinan dalam berinvestasi ke Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Direktur Promosi Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika Kementerian Investasi/BKPM Cahyo Purnomo mengatakan Asia Gift Fair 2024 menjadi pemantik untuk menarik investasi dari China ke Indonesia.

“Kami percaya melalui inisiatif ini, masyarakat China akan melihat kemungkinan dalam berinvestasi ke Indonesia,” ujar Cahyo Purnomo saat membuka pameran yang digelar di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan China merupakan mitra strategis Indonesia. Terlebih dalam lima tahun terakhir secara total investasi yang telah terealisasi dari China sejak 2019 hingga semester I 2024 mencapai 32,3 miliar dolar AS.

Sementara itu, lanjut dia, investasi yang mengalir dari Negeri Tirai Bambu pada semester I 2024 mencapai hampir mendekati 4 miliar dolar AS. “Dalam semester pertama tahun ini, investasi total dari China telah mencapai hampir 4 miliar dolar AS. Jadi ini sangat besar,” ujarnya lagi.

Lewat eksibisi yang menghadirkan puluhan ribu produk dari kategori peralatan rumah tangga, peralatan dapur hingga kebutuhan sehari ini diharapkan mampu mempererat hubungan kedua negara termasuk dari sisi investasi.

Baca juga: BKPM yakin ASEAN jadi destinasi investasi yang bebas dan terbuka

Baca juga: Rosan: Signifikansi investasi di Afrika tandai masa depan menjanjikan


Chief Operating Officer of RX Greater China Josephine Lee mengungkapkan Indonesia menjadi salah satu negara yang terpilih sebagai lokasi eksibisi karena telah menjadi mitra yang penting serta berharap perekonomian Indonesia semakin berkembang lewat pameran yang berbasis business to business (b2b) ini.

Dengan menghadirkan 300 lebih peserta eksibisi yang telah dikurasi ketat, ia yakin stan yang dihadirkan dapat memenuhi kebutuhan pasar Indonesia yang tengah berkembang saat ini.

Hal yang diharapkan dengan pameran yang digelar 6-8 September 2024 ini yakni, diharapkan mampu menjalin kerja sama untuk produk-produk yang diminati sehingga mampu mendongkrak penjualan para pelaku UMKM atau eceran dalam negeri.

Baca juga: BI dan BKPM perkuat sinergi tingkatkan investasi dan daya saing RI

Baca juga: BKPM targetkan realisasi investasi 2025 capai Rp2.000 triliun


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024