Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Penasihat Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) Boediono mengharapkan ajang Anugerah Pandu Negeri 2024 bisa memberikan semangat kepada puluhan pemerintah daerah yang mendapatkan penghargaan.

"Saya yakin teman-teman pemerintahan daerah di sini akan tetap semangat untuk mendorong teman-teman kita di daerah untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi," kata mantan Wakil Presiden Ke-9 RI di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (5/9).

Terlebih, kata dia, penghargaan tersebut memang sengaja diberikan untuk memotivasi seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemda yang merupakan bagian dari struktur negara.

Lebih lanjut, Boediono menilai apa yang didapat oleh pemerintah daerah tersebut merupakan bukti dari perjalanan panjang di bidang tata kelola atau governansi pemerintahan.

"Dan saya yakin ini akan terus berjalan karena pekerjaan (governansi pemerintahan) tidak akan pernah selesai 1-2 tahun. Ini adalah perjalanan panjang," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pelaksana IIPG Irham Dilmy menjelaskan bahwa ada dua kriteria penilaian yang digunakan, yakni kinerja dan governansi dengan masing-masing bobot penilaian adalah 60:40.

Ia mengatakan bahwa aspek tata kelola pemerintahan atau governansi menilai perolehan opini wajar tanpa pengecualian, indeks reformasi birokrasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Menggambarkan tingkat upaya pembaharuan atau pembenahan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, terutama aspek kelembagaan," jelasnya.

Berikutnya, kata dia, data monitoring capaian kinerja koordinasi dan supervisi pencairan korupsi yang datanya diambil dari Komisi Pemberantasan Korupsi yang menilai seluruh pemerintah daerah.

Selanjutnya, aspek kedua, kata dia mengukur laju produk domestik regional bruto PDRB, rasio pendapatan asli daerah (PAD) terhadap APBD, nilai indeks pembangunan manusia (IPM), hingga inovasi daerah dari hasil penilaian ketelitian bidang layanan publik Kementerian PANRB.

Adapun tim penilai, kata dia, terdiri dari ahli, akademisi, dan praktisi ilmu pemerintahan, administrasi publik, hingga Dewan Pembina maupun Dewan Pengawas IIPG.

Dalam ajang Anugerah Pandu Negeri 2024, untuk kategori platinum, pemenang Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Governansi Istimewa adalah.
* Tingkat provinsi adalah Daerah Khusus Jakarta.
* Tingkat kota adalah Kota Mojokerto.
* Tingkat kabupaten adalah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Padang Pariaman.

Untuk Kategori gold, pemenang Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Governansi Sangat Memuaskan adalah
* Tingkat provinsi adalah Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepulauan Riau dan Jawa Timur.
* Tingkat kota adalah Kota Malang, Kota Denpasar, Kota Madiun.
* Tingkat kabupaten adalah Kabupaten Klaten, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Landak, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Badung, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Merauke, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sementara itu, untuk Kategori silver, pemenang Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Governansi Memuaskan :
* Tingkat provinsi adalah Banten , Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan.
* Tingkat kota adalah Kota Salatiga, Kota Tangerang, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Pekalongan, Kota Pasuruan.
* Tingkat kabupaten adalah Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Merangin, Kabupaten Nabire, Kabupaten Jombang, Kabupaten Sleman, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Pelalawan.

Untuk Kategori umum, pemenang Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Governansi Baik :
* Tingkat provinsi adalah Jawa Barat, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Aceh, Riau, Jawa Tengah, Jambi, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur.
* Tingkat kota adalah Kota Pekanbaru, Kota Pontianak, Kota Depok, Kota Dumai, Kota Magelang, Kota Palembang, Kota Bogor, Kota Blitar, Kota Batu, Kota Kediri, Kota Kendari, Kota Batam, Kota Lubuklinggau, Kota Manado.
* Tingkat kabupaten adalah Kabupaten Temanggung, Kabupaten Malang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Lahat, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Maros, Kabupaten Simeulue, Kabupaten Muara Enim.

Kategori wilayah 3T, pemenang Pemerintah Daerah Wilayah Tertinggal, Terdepan Dan Terluar dengan Kinerja dan Governansi Kategori Baik adalah Kabupaten Nias, Kabupaten Kupang dan Kabupaten Lembata.

Baca juga: Eks Ketum IIPG: Anugerah Pandu Negeri cara kenalkan kinerja baik pemda
Baca juga: IIPG pilih 91 pemda penerima Anugerah Pandu Negeri 2024

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024