Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat melalukan normalisasi saluran air di Jalan Rawasari Barat gang 7 RT 08/01, Cempaka Putih, untuk mengantisipasi genangan di musim hujan.
 
Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cempaka Putih Subandi mengatakan, kegiatan normalisasi ini menindaklanjuti usulan warga di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2023.
 
"Jadi warga mengusulkan normalisasi karena saluran di permukiman mereka mengalami penyumbatan, makanya harus kita lakukan normalisasi," kata Subandi di Jakarta, Jumat.
 
Subandi menyebutkan, setelah petugas melakukan pengecekan, kondisi saluran itu ternyata memang mengalami penyempitan bahkan sampai tertutup.

Baca juga: Jakpus perbesar saluran di Jalan Cempaka Putih untuk antisipasi banjir
 
Pengerjaan normalisasi di lapangan, kata Subandi, sudah dilakukan sejak Senin (2/9) lalu. Setiap harinya dikerahkan 19 personel Satuan petugas (Satgas) SDA Kecamatan Cempaka Putih untuk melakukan pekerjaan di lapangan.
 
Subandi menjelaskan, tahap awal pengerjaan melakukan penggalian untuk membentuk ulang trase saluran. Selain banyak bagian yang mengalami penyempitan, beberapa titik saluran juga ada yang tertutup lumpur sehingga perlu dibentuk ulang.
 
Pengerjaan normalisasi saluran ini direncanakan sepanjang sekitar 342 meter sehingga pekerjaan ini membutuhkan waktu hingga dua bulan.
 
"Material saluran akan kita ganti dengan beton u-ditch ukuran 40x40 sentimeter. Kemungkinan akhir Oktober baru rampung," kata Subandi.

Baca juga: Pemkot Jakpus selesaikan revitalisasi saluran di Cempaka Putih
 
Seorang warga RW 01 Kelurahan Rawasari, Rahma mengapresiasi kegiatan normalisasi yang dilakukan pihak Suku Dinas SDA Jakarta Pusat. Menurut Rahma, selama ini aliran di saluran itu tidak berfungsi baik.
 
"Makanya diusulkan warga agar dilakukan perbaikan. Semoga bisa segera rampung," kata Rahma.
 
Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menyebutkan ada sembilan saluran yang diperbaiki dan tersebar di tiga kecamatan, yaitu di Kecamatan Senen meliputi Jalan Kramat Pulo (Kelurahan Kramat), Jalan Melati Senen, Jalan Salemba Bluntas Paseban dan Jalan Kalibaru Timur (Kelurahan Bungur).
 
Lalu, Jalan Kartini 4 di Kelurahan Kartini, (Kecamatan Sawah Besar). Selanjutnya, di Kecamatan Cempaka Putih meliputi Jalan Cempaka Putih Barat 2, Cempaka Putih Barat IX Kelurahan Cempaka Putih Barat dan Kelurahan Jalan Cempaka Putih Timur 1. Kemudian saluran di Jalan Pramuka Sari I, Kelurahan Rawasari.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024