Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menyempatkan diri berpamitan kepada warga menjelang purnatugas pada tanggal 20 Oktober 2024 saat mengunjungi Pasar Soponyono di Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Presiden mengungkapkan alasannya untuk berpamitan karena momentumnya pas saat bertemu langsung dengan masyarakat.

"Ya 'kan ini pas ke masyarakat, ya sambil pamit 'kan bulan depan sudah purnatugas," ujar Presiden Jokowi memberi keterangan pers usai mengunjungi pasar tersebut sebagaimana tayangan video dari kanal YouTube Sekretariat Presiden dipantau di Jakarta.

Ketika ditanya bagaimana respons masyarakat, Presiden pun menirukan jawaban masyarakat, "Nggih, nyuwun pangapunten, nggih."

Menjelang purnatugas, Presiden sebelumnya juga telah menyampaikan permohonan maaf atas segala salah dan khilaf dalam menjalankan amanah sebagai Presiden Republik Indonesia. Hal ini diungkapkan saat acara Zikir dan Doa Kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/8) malam.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga mengatasnamakan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk memohon maaf di hadapan ribuan undangan pada acara pembuka yang memulai rangkaian kegiatan Bulan Kemerdekaan menjelang HUT Ke-79 RI.

Momen Presiden Jokowi memohon maaf juga disampaikan saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

"Saya dan Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin mohon maaf. Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai," ucap Jokowi.

Baca juga: Jokowi nyatakan "kotak kosong" dalam pilkada bagian proses demokrasi
Baca juga: Jokowi akui ngantuk nonton Timnas dan syukuri satu poin dari Saudi

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024