Jakarta (ANTARA) - Jessica Pegula bangkit setelah tertinggal satu set dan satu break untuk mengalahkan petenis Ceko Karolina Muchova dan mencapai final Grand Slam pertamanya di US Open, Kamis (5/9) malam waktu setempat atau Jumat WIB.

Petenis Amerika peringkat enam dunia itu menang dengan skor 1-6, 6-4, 6-2 dan akan menghadapi petenis nomor dua dunia sekaligus juara Australian Open Aryna Sabalenka dalam pertandingan perebutan gelar, Sabtu (7/9).

Sabalenka mencapai final US Open keduanya secara berturut-turut setelah mengalahkan petenis Amerika lainnya Emma Navarro dengan skor 6-3, 7-6(7/2).

"Saya pikir saya beruntung masih bisa berada di sana," kata Pegula setelah melihat lawannya kehilangan kesempatan mudah untuk unggul 3-0 dengan double break di set kedua, seperti disiarkan AFP, Jumat.

"Ia membuat saya terlihat seperti pemula, ia menghancurkan saya dan saya hampir menangis, tetapi semuanya bermuara pada momen-momen kecil."

"Saya tidak tahu bagaimana saya membalikkan keadaan," ujar petenis berusia 30 tahun itu.

Pegula kini telah memenangi 15 dari 16 pertandingan di lapangan keras musim panas AS yang menghasilkan gelar di Toronto dan kekalahan di final Cincinnati dari Sabalenka.

"Ini kesempatan untuk membalas dendam, tetapi ia akan sulit dikalahkan," kata Pegula.

Muchova menyelamatkan tiga break point di gim ketiga set pertama yang memicu kekalahan cepat Pegula.

Pegula kehilangan servis di gim keempat dan keenam, dan kehilangan satu set untuk pertama kalinya di turnamen tersebut.

Baca juga: Sabalenka melaju ke final US Open untuk kedua kali berturut-turut

Pertandingan yang didominasi oleh Muchova itu menghasilkan 11 winner dibanding tiga winner lawannya saat set pembuka berakhir hanya dalam waktu 28 menit.

Hasil itu adalah kemunduran yang parah bagi Pegula yang telah mengalahkan petenis nomor satu dunia Iga Swiatek pada Rabu (4/9) untuk mencapai semifinal Grand Slam pertamanya.

Muchova kemudian unggul 2-0 di set kedua, meraih gim ketujuh berturut-turut sebelum Pegula menghentikan kekalahannya.

Hal itu tiba-tiba membangkitkan semangat Pegula yang unggul 4-2 sebelum ditahan imbang menjadi 4-4 tetapi kemudian mampu menyamakan kedudukan di semifinal ketika Muchova melakukan kesalahan ganda pada set point.

Pegula langsung unggul 3-0 di set penentuan dan kemudian 5-2 setelah gim ketujuh yang berlangsung hampir 10 menit.

Kesalahan terakhir yang dibuat Muchova -- dengan catatan total 46 unforced error -- mengakhiri pertandingan.

Baca juga: Sinner kalahkan Medvedev untuk capai semifinal US Open pertama
Baca juga: Aldila catatkan sejarah dengan capai tiga semifinal Grand Slam

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024