Kalau inflasi berada pada posisi deflasi selama empat bulan, saya kira karena pasokannya cukup, distribusi baik dan saya cek lapangan memang keadaannya seperti itu
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Pasar Soponyono, Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Jumat, untuk mengetahui kondisi harga kebutuhan pokok di pasar tersebut.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi mengungkapkan kepuasannya terhadap stabilitas harga pangan di pasar, sebab berada dalam kondisi yang baik, dengan harga bawang merah yang sebelumnya di atas Rp40 ribu per kilogram kini turun menjadi Rp25 ribu per kilogram.

"Kalau inflasi berada pada posisi deflasi selama empat bulan, saya kira karena pasokannya cukup, distribusi baik dan saya cek lapangan memang keadaannya seperti itu," kata Presiden Jokowi yang diikuti dalam jaringan Sekretariat Presiden di Jakarta.

Presiden Jokowi juga mencatat harga telur yang saat ini berada di kisaran angka Rp24 ribu per kilogram.

Baca juga: Presiden resmikan flyover Djuanda & sejumlah infrastruktur di Jatim

Presiden menambahkan bahwa beberapa harga pangan mengalami penurunan, sementara harga yang meningkat tidak terlihat selama kunjungannya.

"Selama empat bulan terakhir, inflasi kita berada pada posisi deflasi, yang menunjukkan bahwa pasokan cukup dan distribusi berjalan baik," kata Presiden Jokowi.

Kunjungan Presiden Jokowi ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan barang dan stabilitas harga pangan menjelang akhir tahun, serta menilai efektivitas kebijakan ekonomi yang diterapkan pemerintah.

Baca juga: Dalam dua pekan Presiden Jokowi resmikan 6 dari 15 gedung RS Kemenkes
Baca juga: Presiden tetap gunakan Innova Zenix selama kunjungan kerja di Surabaya

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024