Tangerang (ANTARA) - Masyarakat dan umat Katolik rela datang jauh-jauh ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), demi bertemu Pemimpin Umat Katolik Dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus setelah menjalani agenda apostolik di Jakarta mulai Selasa (3/9) hingga Jumat.

Warga Purworejo, Jawa Tengah, Antonia Hariani Ningsih (87), rela datang ke Bandara Soekarno-Hatta demi bertemu dan menghantarkan kepulangan Bapa Suci Paus.

"Saya sengaja berangkat dari Purworejo hanya untuk bertemu dan menyaksikan Paus Fransiskus. Karena kemarin saya tidak bisa ikut misa akbar di GBK, makanya kesini," ucapnya kepada media di Tangerang, Jumat.

Haryani yang merupakan umat Katolik Gereja Santa Perawan Maria Purworejo ini mengaku, niat dan perjuangannya untuk bertemu dengan Pimpinan Umat Katolik agar bisa mengantarkan hingga ke Bandara Soetta.

Lansia yang datang didampingi anaknya ini, juga berharap kehadiran Paus Fransiskus di Indonesia bisa mendapat keberkatan baginya.

"Saya hanya ingin tau dan ingin keberkatan dari Paus Fransiskus atas kunjungan ke sini," katanya.

Ia mengungkapkan, rasa bahagia setelah dirinya bisa diizinkan masuk dan sempat melihat langsung Pimpinan Umat Katolik Dunia Paus Fransiskus sebelum keberangkatannya ke Papua Nugini.

"Senang, sudah diizinkan masuk ke area Terminal VVIP dan bisa melihat langsung bapak suci Paus Fransiskus," ungkapnya.

Diketahui, Pemimpin Umat Katolik Dunia Paus Fransiskus pagi ini telah meninggalkan Indonesia untuk menuju ke Papua Nugini setelah menjalani agenda apostolik di Jakarta mulai Selasa (3/9) hingga Jumat.

Paus Fransiskus tiba di Terminal VVIP Bandara Internasional Soekarno-Hatta bersama iring-iringan rombongannya sekitar pukul 10.01 WIB dengan pengawalan ketat dari aparat keamanan TNI/Polri.

Kepala Negara Vatikan itu, dalam perjalanan kepulangannya menaiki kendaraan roda empat jenis Toyota Kijang Innova Zenix yang disiapkan secara khusus oleh pihak pemerintah Indonesia.

Dengan mengenakan pakaian khas putih-putih, Paus Fransiskus sempat menyapa dan melambaikan tangan kepada awak media serta warga sembari tersenyum.

Sri Paus Fransiskus, dalam perjalanannya menggunakan pesawat komersil Garuda Indonesia GA7780 dengan keberangkatan pukul 10.30 WIB untuk menuju Bandara Port Moresby, Papua Nugini.

Pesawat Airbus yang membawa Paus Fransiskus lepas landas dari landasan pacu Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga: Jelang kunjungan Paus, PLBN Mota Ain dibuka selama 18 jam
Baca juga: Paus Fransiskus tinggalkan Tanah Air melalui Bandara Soetta
Baca juga: Ratusan umat Katolik kejar mobil Paus Fransiskus yang keluar dari GBK

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024