Stuttgart (ANTARA News) - Juara bertahan Maria Sharapova melaju ke semifinal turnamen WTA Stuttgart melalui kemenangan 6-4, 6-3 atas unggulan teratas Agnieszka Radwanska pada Jumat.

"Ini merupakan kemenangan besar bagi saya," kata Sharapova setelah meraih kemenangan beruntunnya ke-11 di Stuttgart, di mana ia berupaya untuk menorehkan gelar ketiganya setelah memenangi turnamen 2012 dan 2013.

"Ini merupakan kemenangan terbesar saya sejak kembali dari cedera," tambahnya, setelah absen selama empat bulan pada tahun lalu karena cedera bahu.

Sharapova mendapatkan kemenangan kesembilan dari 11 pertemuan melawan petenis peringkat ketiga dunia Radwanska dari Polandia, namun petenis Rusia itu tidak mendapatkannya dengan mudah saat meraih kemenangan dalam kurun waktu satu jam 39 menit.

Setelah total tujuh break pada awal pertandingan, saat ia mendapatkan momentum, Sharapova akhirnya memenangi service game pertamanya untuk mengendalikan set pertama.

"Itu adalah salah satu dari sejumlah momen kunci," ucapnya yang memerlukan delapan match point untuk mengamankan kemenangan.

Ia sekarang akan menghadapi Sara Errani pada semifinal Sabtu, setelah lawan petenis Italia itu di fase perempat final Carla Suarez Navarro dari Spanyol terpaksa mengundurkan diri karena cedera pada set ketiga, di mana Errani sedang memimpin 6-3, 6-7 (6/8), 3-0.

"Itu akan menjadi pertandingan berat, ia merupakan spesialis lapangan tanah liat," kata petenis Rusia.

Setelah memenangi keempat gelar Grand Slam, Sharapova sedang berupaya untuk mencatatkan prestasi pribadi pada pekan ini di Stuttgart dengan memenangi turnamen ini tiga kali berturut-turut.

Kemenangan mendatangkan bonus tambahan bagi petenis Rusia ini, sebab kegagalan mengalahkan Radwanska akan membuat dirinya terlempar dari peringkat sepuluh besar untuk pertama kalinya dalam tiga tahun.

Pada perempat final lainnya, Ana Ivanovic dari Serbia menang 6-3 2-6, 6-4 atas petenis Rusia Sveltana Kuznetsova.

Unggulan kesembilan Ivanovic akan bermain melawan mantan petenis peringkat satu dunia sekaligus petenis senegaranya Jelena Jankovic, untuk memperebutkan satu tempat di final Minggu, setelah Jankovic menang 6-4, 6-3, atas Alisa Kleybanova di perempat final lain, demikian AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014