Kita terus membangun dan memperbaiki infrastruktur di berbagai daerah agar konektivitas semakin baik, agar aktivitas dan mobilitas masyarakat semakin lancar sehingga biaya logistik semakin murah dan efisien, dan akhirnya perekonomian di daerah semaki
Sidoarjo (ANTARA) -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan layang (flyover) Djuanda, di Sidoarjo, Jawa Timur, dan juga sejumlah infrastruktur di provinsi itu untuk meningkatkan perekonomian di wilayah setempat.
 
"Kita terus membangun dan memperbaiki infrastruktur di berbagai daerah agar konektivitas semakin baik, agar aktivitas dan mobilitas masyarakat semakin lancar sehingga biaya logistik semakin murah dan efisien, dan akhirnya perekonomian di daerah semakin berkembang dan maju," kata Presiden Jokowi saat meresmikan flyover Djuanda, di Sidoarjo, Jumat.
 
Ia mengatakan pada pagi ini yang pertama diresmikan yakni flyover Djuanda yang dibangun sejak tahun 2022 dan menelan anggaran Rp363 miliar.

Baca juga: Dalam dua pekan Presiden Jokowi resmikan 6 dari 15 gedung RS Kemenkes
 
"Kemudian juga sembilan penggantian jembatan Callender Hamilton total panjang 797 meter menelan biaya Rp1,4 triliun yang tersebar di delapan kabupaten kota di Provinsi Jatim, Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, di Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bojonegoro, Jember, dan Kabupaten Banyuwangi," kata Presiden Jokowi.
 
Kemudian yang ketiga, kata dia, juga diresmikan sebelas ruas jalan sepanjang 66 kilometer dengan anggaran Rp379 miliar yang ditangani dengan Inpres jalan daerah.

Baca juga: Khofifah: Peresmian jembatan pulihkan koneksitas ekonomi hingga sosial
 
"Ini tersebar di delapan kabupaten/kota di Jatim yakni di Kabupaten Pamekasan, Sampang, Sumenep, Pasuruan, Jombang, Gresik, Lamongan, Sidoarjo, dan terakhir saya yakin dengan infrastruktur yang semakin baik, pengoperasian flyover jembatan dan ruas jalan yang tadi saya sampaikan, pergerakan orang dan barang di provinsi Jawa Timur semakin lancar, daya saing dan pertumbuhan ekonomi juga akan mengalami peningkatan," kata Presiden Jokowi.
 
Dalam kunjungan ke Jatim Presiden Joko Widodo ke RS Kemenkes di Jalan Indrapura, Surabaya, dan juga ke Pasar Soponyono Surabaya.

Baca juga: Presiden tetap gunakan Innova Zenix selama kunjungan kerja di Surabaya
 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024