Saya juga membayangkan bahwa Belitung bisa menghadirkan acara sport tourism sekelas Moto GP
Tanjung Pandan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan dua pilar khusus kekuatan pariwisata Belitung, yang diyakini mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan industri pariwisata di daerah itu.

"Saya juga melihat kekuatan kepariwisataan Belitung itu ada di dua pilar khusus, yaitu pariwisata berbasis olahraga dan juga pariwisata berbasis minat khusus," katanya usai melantik pengurus DPD Indonesia Sport and Special Interest Tourism Association atau Asosiasi Wisata Olahraga dan Minat Khusus Indonesia (ISSITA) DPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Tanjung Pandan, Jumat.

Menparekraf mengatakan, wisata olahraga memiliki multiplier effect yang sangat luar biasa dan secara langsung manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Hal ini ditambah dengan budaya serta keindahan alam Belitung yang sangat memukau," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno juga menceritakan pengalamannya saat mengikuti kegiatan triathlon di Belitung pada 2019 lalu yang merupakan bagian dari kegiatan "sport tourism" wisata olahraga) di Belitung.

"Dan pada saat itu pertama kalinya saya mendapatkan podium di Triathlon," katanya.

Ia menambahkan, secara nasional, pihaknya memperkirakan pendapatan dari "sport tourism" atau wisata olahraga di tahun 2024 telah mencapai Rp18,7 triliun, dari sejumlah kegiatan olahraga yang berlangsung seperti Moto GP dan F1 Powerboat.

"Saya juga membayangkan bahwa Belitung bisa menghadirkan acara sport tourism sekelas Moto GP," ujarnya.

Oleh karena itu, Menparekraf mengajak pelaku wisata untuk meningkatkan potensi kegiatan olahraga di Belitung.

Pihaknya juga terus mengupayakan hadirnya penerbangan internasional langsung ke Belitung guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Ada dari Singapura, dan Kuala Lumpur yang akan coba kita kerja samakan lewat charter flight karena Belitung punya eco wisata wisata dan wisata bahari," kata Sandiaga.

Baca juga: Menparekraf tekankan Belitung kembangkan pariwisata berkelanjutan 
Baca juga: Belitung mantap tinggalkan sektor tambang dan fokus pariwisata

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024