Jakarta (ANTARA) - Fatmawati Rusdi resmi menjadi pasangan Andi Sudirman Sulaiman di Pilkada serentak 2024. Fatmawati diusung menjadi calon wakil gubernur oleh beberapa partai politik yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yakni, Partai Gerindra, NasDem, Golkar, PAN, PKS, Hanura, PSI, Demokrat dan Partai Gelora.

Saat ini, Fatmawati masih menjabat sebagai wakil wali kota Makassar untuk periode 2021-2024 mendampingi Danny Pomanto, yang juga maju sebagai calon gubernur Sulawesi Selatan di Pilgub 2024.

Fatmawati Rusdi, lahir pada 9 Mei 1980 di Parepare, Sulawesi Selatan, kini berusia 44 tahun. Ia memiliki latar belakang pendidikan di bidang ekonomi, dengan gelar Sarjana Ekonomi dan Magister Manajemen yang diperoleh dari Universitas Jayabaya.

Sebelum terjun ke dunia politik, ia memulai karier profesionalnya di sektor jasa pengiriman. Di PT Banyumas Jaya Mandiri, ia menjabat sebagai direktur.

Fatmawati merupakan istri dari Rusdi Masse Mappasessu, yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi NasDem untuk periode 2019-2024. Rusdi Masse mewakili daerah pemilihan Sulawesi Selatan III dan juga menjabat sebagai Ketua DPW NasDem Sulawesi Selatan.

Setelah masa jabatan di DPR RI berakhir, pada Pilkada 2020, Fatmawati maju sebagai calon wakil wali kota Makassar mendampingi Danny Pomanto, dan pasangan ini terpilih untuk periode 2021-2024.

 Setelah beberapa tahun menjabat di tingkat kota, Dengan pengalaman di pemerintahan daerah, ia berambisi untuk memperluas kontribusinya di tingkat provinsi bersama Andi Sudirman dan kembali maju dalam Pilkada sebagai calon wakil gubernur Sulawesi Selatan 2024.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman-Fatmawati Rusdi, menyampaikan visi dan misi mereka untuk mewujudkan Sulsel Maju dan Berkarakter dengan prinsip-prinsip sopan santun Sipakatau dan Sipakalebbi.

Baca juga: NasDem siapkan kader potensial maju Pilkada Wali Kota Makassar

Baca juga: Pemkot Makassar salurkan air bersih pada warga terdampak kekeringan

Baca juga: Profil Anwar Hafid, calon gubernur Sulawesi Tengah Pilkada 2024

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024