E-meterai ini menjadi salah satu syarat yang dilampirkan pelamar, namun pelamar kesulitan mendapatkan karena stok terbatas
Mataram (ANTARA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menyebutkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diperpanjang sampai 10 September 2024, karena terkendala e-meterai.

"E-meterai ini menjadi salah satu syarat yang dilampirkan pelamar, namun pelamar kesulitan mendapatkan karena stok terbatas," kata Kepala BKPSDM Kota Mataram Taufik Priyono di Mataram, Jumat.

Seharusnya tahapan pendaftaran CPNS berakhir hari ini Jumat (6/9)  pukul 24.00 Wita, kata dia, namun karena kendala pengadaan e-meterai maka pendaftaran diperpanjang sampai 10 September 2024 pukul 24.00 Wita.

Ia mengatakan informasi perpanjangan tersebut sesuai kebijakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang memutuskan perpanjangan masa pendaftaran CPNS, karena kendala teknis pada sistem e-meterai di server Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri).

Baca juga: Kemenkominfo pastikan kendala e-Meterai CPNS 2024 telah diatasi

"Dengan adanya perpanjangan pendaftaran ini, kami sudah mengeluarkan pengumuman melalui website," katanya.

Menurutnya, sejak awal pelamar CPNS mengeluhkan syarat melampirkan e-meterai yang diterapkan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) rekrutmen CPNS 2024, karena prosesnya cukup rumit dan banyak pelamar yang belum paham dengan e-meterai dan kendala tersebut sudah disampaikan oleh BKPSDM ke pemerintah pusat.

"Kami bahkan usulkan agar diganti dengan meterai manual, tapi tidak disetujui," katanya.

Karena kendala itu, tambahnya, mempengaruhi jumlah pelamar yang masuk ke akun Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram. Hal itu dapat dilihat dari jumlah pelamar yang sudah masuk sampai Kamis (5/9) tercatat 737 orang dengan persyaratan yang sudah lengkap.

"Sementara pelamar yang sudah memiliki akun di Kota Mataram sebanyak 1.884 orang," sebutnya.

Baca juga: Menteri PANRB pastikan pelamar seleksi CPNS tidak ada yang dirugikan

Dengan adanya perpanjangan masa pendaftaran itu, lanjut Taufik, dilakukan juga penyesuaian jadwal seleksi pendaftaran CPNS rekrutmen tahun 2024, seperti seleksi administrasi dari 20 Agustus sampai 17 September, kemudian pengumuman hasil seleksi tanggal 14-19 September 2024.

Konfirmasi penggunaan nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2024 oleh peserta seleksi tanggal 18-28 September, masa sanggah tanggal 20-22 September, jawab Sanggah tanggal 20-24 September.

"Pengumuman pasca-masa sanggah tanggal 23-29 September 2024," katanya.

Pada kegiatan rekrutmen CPNS tahun 2024, Pemkot Mataram mendapatkan kuota 93 formasi CPNS terdiri atas 13 formasi tenaga kesehatan dan 80 tenaga teknis.

Baca juga: BKN perpanjang masa pendaftaran CPNS hingga 10 September 2024
 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024