Jakarta (ANTARA) - Andi Ibrahim Masdar adalah salah satu tokoh terkemuka di Sulawesi Barat yang dikenal luas dalam bidang politik dan pemerintahan.

Pada Pilkada 2024 ini, ia bersama Asnuddin Sokong melaju sebagai cagub dan cawagub Sulawesi Barat setelah mendapat dukungan dari tiga partai, yaitu PPP, PKB dan Perindo

Mengusung tagline "Sulbar Jago", paslon ini mendaftar ke KPU Sulawesi Barat bersama ribuan massa pendukungnya pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Andi Ibrahim Masdar (AIM) merupakan politisi berpengalaman yang sudah malang melintang di sejumlah kontestasi politik baik legislatif maupun eksekutif.

Sebelum maju di kontestasi Pilkada Sulbar, AIM pernah menjabat sebagai anggota DPRD Sulsel dan Sulbar, Ia juga merupakan Bupati Polewali Mandar (Polman) selama dua periode yakni 2014-2019 dan 2019-2024.

Lahir pada 18 Februari 1963 di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Andi Ibrahim Masdar berasal dari keluarga besar yang memiliki pengaruh signifikan di daerah tersebut. Andi Ibrahim Masdar juga bersaudara dengan mantan Gubernur Sulawesi Barat, yaitu Ali Baal Masdar.

Sosoknya dikenal sebagai pemimpin yang bersahaja, berkomitmen pada pembangunan dan memiliki visi untuk memajukan daerahnya.

Sebelum menjadi Bupati Polewali Mandar, AIM juga pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Sulawesi Barat dari Fraksi Golkar selama dua periode, yaitu pada 2005-2009 dan 2009-2014.

Dengan pengalamannya yang panjang di birokrasi pemerintahan, tentu namanya menjadi salah satu yang diperhitungkan sebagai calon potensial dalam pemilihan Gubernur Sulawesi Barat tahun ini.

Andi Ibrahim Masdar memiliki pengalaman luas dalam organisasi, termasuk pernah menjabat sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Polewali Mandar. Selain itu, ia juga dipercaya memimpin Kwarda Pramuka Sulawesi Barat.

Pada periode 2016 hingga 2021, ia menjabat sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Sulawesi Barat.

Kemudian, sejak tahun 2021, Andi Ibrahim resmi bergabung dengan PDIP dan masih aktif sebagai anggota hingga saat ini.

Baca juga: Polewali Mandar wujudkan efisiensi pengelolaan keuangan daerah

Baca juga: Profil Ahmad Ali, calon gubernur Sulawesi Tengah untuk Pilkada 2024

Baca juga: Profil Adri Patton, cawagub Kaltara 2024 mendampingi Andi Sulaiman

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024