Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di YouTube berdurasi 8 menit menarasikan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka gagal dilantik karena dianggap menghina anak Prabowo dengan menggunakan akun media sosialnya.

Sebelumnya, ramai di media sosial yang menarasikan sebuah akun bernama Fufufafa yang diduga milik Gibran, dan disebut-sebut menghina Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan anaknya beberapa tahun yang lalu.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GEMP4RR!! GIBRAN G4G4L DIL4NTIK SETELAH KETHU4N HINA PR4BOWO DAN ANAKNYA ~ BREAKING NEWS”

Namun, benarkah jejak digital Gibran yang menghina Prabowo menjadi alasan Gibran gagal dilantik?

Unggahan yang menarasikan Jejak digital digital Gibran hina Prabowo jadi alasan Gibran gagal dilantik. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, unggahan video tersebut hanya menggabungkan beberapa potongan video Gibran. Salah satunya video respon Gibran soal isu hubungan Jokowi dan Prabowo yang diisukan merenggang. Seperti yang diunggah Kompas TV.

Kemudian narator hanya membacakan artikel Jawapos yang berjudul “Kronologi Trending Topik Fufufafa yang Diduga Ditulis oleh Gibran Rakabuming Raka: Sebut Prabowo Subianto Punya Anak H*mo dan Pecatan TNI”. Dalam artikel tersebut, tidak ada narasi yang menyebutkan Gibran gagal dilantik karena kontroversi jejak digitalnya. Hingga saat ini, belum ada klarifikasi terkait siapa sebenarnya dibalik akun tersebut.

Klaim: Gibran Rakabuming gagal dilantik karena akun Fufufafa

Rating: Hoaks

Cek fakta: Cek fakta, sampul majalah Tempo dengan ilustrasi Gibran bahas jejak akun Fufufafa

Cek fakta: Cek fakta, video Gibran Rakabuming melantunkan adzan ke bayi

Baca juga: Gerindra jawab soal susunan kabinet Prabowo-Gibran beredar di medsos

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024