Banda Aceh (ANTARA) - Tim basket putra Jawa Timur melaju ke semifinal PON Aceh-Sumut 2024 setelah menumbangkan Sulawesi Selatan dengan 65-54 di Gor Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis malam.

Pada kuarter pertama Jawa Timur yang berhadapan dengan tim yang telah mengalahkan tim kuat dalam grup A tersebut terlihat agak kewalahan.

Mereka mencoba memanfaatkan kesempatan yang tersedia untuk melepaskan  tembakan ke ring tim asuhan Jamin Mottotoran, dan menjaga ketat pemain lawan sehingga menutup kuarter pertama dengan 15-12.

Anto Febrianto dan kawan-kawan terus menggencarkan serangan, dan kuarter kedua berakhir dengan 30-24.

Baca juga: Bola Basket - Jatim harus akui keunggulan DI Yogyakarta

Pada kuarter ketiga permainan semakin sengit, kedua tim saling menjaga pemain andalan masing-masing terutama yang banyak melakukan rebound.

Daniel William Tunasey dan kawan-kawan menjaga  ketat gerak kapten Sulsel agar tidak bisa mencetak banyak poin dalam laga ketiga pada babak penyisihan Pool A tersebut. Jawa Timur akhirnya menutup kuarter ketiga dengan 39-36 poin.

Jawa Timur kembali menguasai kuarter terakhir. Muhammad Iqbal menjadi penutup kemenangan Jawa Timur dengan membukukan skor akhir pada kuarter keempat untuk menang 65-54.  Aven Ryan memimpin Jawa Timur dengan 11 poin.

Tim yang tidak pernah terkalahkan di Pool A itu akan berhadapan dengan DKI Jakarta, sedangkan Sulawesi Selatan telah menuntaskan seluruh pertandingan dengan dua kali menang dan dua kali kalah.

Baca juga: Tim basket putra DKI Jakarta taklukkan Jateng 82-69

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024