Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer di Indonesia kemarin (Kamis, 5/9), mulai dari Pesan Paus Fransiskus untuk jangan jadikan emas alasan untuk bertikai bagi warga Indonesia hingga, BNPB gelar apel nasional siaga gempa megathrust.

​​1) Paus Fransiskus: Jangan jadikan emas alasan untuk bertikai

Pemimpin umat Katolik dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk tidak menjadikan kekayaan alam Indonesia, seperti emas, sebagai alasan untuk saling bertikai satu sama lain.

Kala menghadiri pertemuan dengan para tokoh antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis, Paus Fransiskus menilai bahwa Indonesia merupakan salah satu tuan rumah dengan tambang emas terbesar di dunia.

Simak selengkapnya di sini:


2) Kehadiran Paus Fransiskus di GBK disambut meriah 87.000 umat Katolik

Kehadiran Pemimpin umat Katolik dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus di kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis sore, disambut meriah oleh sekitar 87.000 umat Katolik yang hadir guna mengikuti ibadah misa.

Paus Fransiskus tiba di lokasi sekitar pukul 16.15 WIB dengan disambut oleh Presiden RI Joko Widodo beserta para jajarannya.

Simak selengkapnya di sini:


3) PBNU dan BEM PTNU tanggapi pamphlet ajakan demi misa bersama Paus

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (BEM PTNU) menyebut ada oknum yang mendompleng nama NU untuk mencoreng nilai-nilai persaudaraan dan toleransi di Indonesia.

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf mengatakan seruan aksi BEM PTNU se-Nusantara ini adalah tindakan yang nyata-nyata bentuk intoleransi. Untuk itu PBNU meminta dibatalkan dan jangan membawa-bawa nama NU.

Simak selengkapnya di sini:


4) Demak anggarkan Rp2,6 miliar untuk bangun rumah korban bencana

Pemerintah Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran Rp2,6 miliar untuk membantu membangunkan rumah warga yang terdampak bencana sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap warganya.

Bupati Demak Eisti’anah mengatakan dengan anggaran yang bersumber dari APBD 2024 sebesar itu, maka masing-masing penerima manfaat mendapatkan bantuan anggaran untuk pembangunan rumah baru sebesar Rp50 juta.

Simak selengkapnya di sini:


5) BNPB gelar apel nasional siaga bencana gempa megathrust

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengelar apel nasional siaga bencana gempa bumi megathrust dan hidrometeorologi untuk memperkecil potensi dampak yang ditimbulkan baik korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur.

Apel nasional itu dipimpin langsung Kepala BNPB Suharyanto di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Kamis. Kegiatan tersebut juga dilangsungkan di empat daerah lainnya yakni, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten.

Simak selengkapnya di sini:
 

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024