Jakarta (ANTARA) - Klub Sukabumi FA menyegel gelar juara RRI Cup U-16 2024 setelah membungkam Bintang Timur Atambua lewat gol tunggal Fajrian Muhammad pada partai final yang berlangsung di Pancoran Soccer Field, Jakarta, Kamis.

RRI Cup 2024 merupakan kejuaraan U-16 yang melangsungkan seri nasional. Namun para peserta tersebut terlebih dahulu untuk bersaing memperebutkan tiket seri nasional melalui persaingan di seri provinsi yang berlangsung di sepuluh wilayah, yaitu Riau, Sumsel, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan NTT. Para tim juara seri provinsi kemudian lolos ke seri nasional yang digelar di Pancoran Soccer Field pada 3-5 September.

"Ini adalah kemenangan mental. Sejak awal kami melihat persaingan bakal ketat, sehingga mental pemain harus kuat," ujar pelatih Sukabumi FA, Aji Nurpijal dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pelatih Bintang Timur Atambua, Ludovikus Mau mengatakan kekalahan ini menjadi pelajaran bagi timnya yang masih minim jam terbang karena mayoritas pemain baru kali ini tampil di tingkat nasional.

"Kami mendapatkan pengalaman berharga dalam penyelenggaraan seri nasional ini. Mudah-mudahan tahun depan kami bisa lolos lagi ke Seri Nasional RRI Cup," kata Ludovikus Mau.

Pemain Sukabumi FA, Lukman Abdul terpilih sebagai pemain terbaik usai tampil secara konsisten selama gelaran turnamen dan kerap menjadi pembeda untuk Sukabumi FA.

“Saya bersyukur mendapatkan gelar ini, apalagi ada hadiah uang pembinaan. Uang ini akan saya pakai ganti beli sepatu, karena sepatu saya kemarin hilang,” kata Lukman Abdul.

RRI Cup diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan Hari Radio yang diperingati tiap 11 September. RRI berharap penyelenggaraan turnamen sepak bola usia muda, bisa menumbuhkan pendengar baru.

"Terima kasih telah partisipasi di seri nasional. Semoga adik-adik U-16 ini makin mengenal RRI," kata Mistam, Ketua Panitia Hari Radio 2024 yang juga Direktur Program dan Produksi LPP RRI.*

Dilansir dari keterangan resmi berikut hasil Seri Nasional RRI Cup 2024:

Juara: Sukabumi FA
Peringkat Dua: Bintang Timur Atambua
Peringkat Tiga: JPL Semarang, Ocean Stars SC Serpong
Topscorer: Restu Setyo Anggoro (3 gol/JPL Semarang)
Pemain Terbaik: Lukman Abdul (Sukabumi FA)

Baca juga: 12 tim bersaing ketat rebut gelar RRI Cup U-16 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024