"(Pembahasan) tentang situasi, keamanan juga agenda ini. Jadi saya sampaikan kepada Komisi I bahwa situasi negara kita ini situasi yang masih aman, kondusif,"
Jakarta (ANTARA) - Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) I Nyoman Cantiasa mengatakan bahwa rapat kerja tertutup yang dilakukan pihaknya dengan Komisi I DPR membahas seputar situasi negara.

"(Pembahasan) tentang situasi, keamanan juga agenda ini. Jadi saya sampaikan kepada Komisi I bahwa situasi negara kita ini situasi yang masih aman, kondusif," kata Nyoman ditemui usai rapat di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Meski demikian, dia mengingatkan bahwa pelaksanaan Pilkada 2024 yang sebentar lagi diselenggarakan patut dikawal agar berjalan sukses.

"Yang penting nanti ke depan mungkin terus masyarakat Indonesia mendukung kegiatan-kegiatan yang ada di wilayah, kan lagi Pilkada serentak ya, kita pesta demokrasi, tentu mereka harus semuanya berperan aktif, mensukseskan," ucapnya.

Dia mengatakan bahwa sejauh ini tahapan Pilkada 2024 masih berjalan baik dan lancar.

Dia pun berharap kontestasi Pilkada 2024 nantinya mampu melahirkan pemimpin daerah yang terbaik.

"Mudah-mudahan masing-masing wilayah ya, para pejabat, para paslon (pasangan calon) untuk mereka betul-betul bekerja profesional sebagai calon-calon pemimpin bangsa kita ini," ucapnya.

Terkait pemetaan potensi kerawanan wilayah Pilkada 2024, dia menyebut pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan sejumlah kementerian/lembaga, instansi terkait, hingga TNI dan Polri melalui Komite Intelijen Pusat (Kominpus) dan Komite Intelijen Daerah (Kominda).

Dia menambahkan bahwa dalam rapat tersebut ia mendapat masukan agar BIN dan Komisi I DPR sebagai mitra kerja sehingga harus saling menguatkan.

"Kita harus saling mendukung sehingga semua permasalahan bangsa ini kita bisa selesaikan," ucap dia.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024