Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di X menampilkan sampul majalah Tempo dengan ilustrasi Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka yang diisukan sebagai pemilik akun Fufufafa di Kaskus. 

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Mumet mikirin kaskus fufufafa mumet mikirin private jet kaesang bobby terus blok medan. #TangkapMulyono #TangkapAdiliMulyono mandi ujan.

#TangkapMulyono #TangkapAdiliMulyono”

Namun, benarkah sampul Majalah Tempo dengan ilustrasi Gibran dan membahas jejak akun Fufufafa tersebut?

 

Unggahan tangkapan layar sampul Majalah Tempo dengan ilustrasi Gibran membahas jejak akun Fufufafa. Faktanya, Pimpinan Redaksi Majalah Tempo, Setri Yasra, mengatakan bahwa cover majalah Tempo tersebut tidak pernah diproduksi oleh Tempo. (X)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, gambar tangkapan layar akun Kaskus dengan username Fufufafa tidak ada dalam sampul majalah aslinya. Judul dalam tangkapan tersebut juga disunting yang seharusnya “Gerilya Untuk Putra Mahkota” menjadi “Pusing Ngapusin Jejak Fufufafa di Kaskus”. Majalah Tempo yang disunting merupakan edisi 15 Oktober 2023.

Dilansir dari laman Tempo, Pimpinan Redaksi Majalah Tempo, Setri Yasra, mengatakan pihaknya tidak pernah memproduksi Majalah Tempo dengan sampul ilustrasi Gibran Rakabuming Raka dengan judul "Pusing Ngapusin Jejak Fufufafa di Kaskus”.

Sampul tersebut terlihat merupakan hasil rekayasa digital, dengan mencomot sampul Majalah Tempo yang asli.

Klaim: Sampul majalah tempo dengan ilustrasi Gibran membahas jejak akun Fufufafa

Rating: Hoaks

Cek fakta: Cek fakta, video Gibran Rakabuming melantunkan adzan ke bayi

Cek fakta: Cek fakta, Gibran resmi mundur sebagai wakil presiden terpilih

Baca juga: Gibran blusukan bagikan susu dan buku di Desa Wangunsari Bandung Barat

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024