Situbondo (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan angkatan bersenjata sejumlah negara yang tergabung dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2024 juga melaksanakan kegiatan merenovasi salah satu sekolah dasar negeri di Situbondo, Jawa Timur.

Komandan Kodiklat TNI Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah menjelaskan bahwa renovasi gedung SDN 2 Palangan, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo merupakan salah satu program dari Latgabma SGS 2024 yang dikemas dalam materi bertajuk Engineering Civic Action Program (ENCAP).

"Renovasi gedung sekolah dasar ini melibatkan personel dari Indonesia sebanyak 90 orang, Amerika Serikat 47 orang dan Kanada tujuh orang," katanya usai meresmikan renovasi SDN 2 Palangan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Menurut dia, kegiatan ini juga sebagai wujud bakti TNI dan negara sahabat dalam membantu menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan. Sekolah yang direnovasi ini bisa dimanfaatkan oleh para peserta didik.

Pelibatan personel antarnegara ini, lanjut Maman Firmansyah, menunjukkan persahabatan yang erat antara TNI dengan angkatan bersenjata negara sahabat.

"Persahabatan ini terbangun dalam Latgabma SGS 2024, kalau latihannya sudah biasa, tapi kebersamaannya ini yang mempunyai makna besar untuk hubungan baik antarnegara," ujarnya.

ENCAP pada Latgabma SGS 2024 dapat terus ditingkatkan sebagai simbol kepedulian sosial serta juga wujud diplomasi militer untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas keamanan.

"Kami selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas kerja sama yang terjalin erat, sehingga kegiatan renovasi SDN 2 Palangan ini terlaksana dengan baik," kata Maman.

Sementara itu, Wakil Komandan Interoperabilitas Divisi Infantri Ke-25 Amerika Serikat, Kolonel Paul Hayward menyampaikan rasa gembiranya bisa hadir di acara peresmian gedung SDN 2 Palangan.

"Terima kasih masyarakat Indonesia yang telah menyambut kami dengan hangat di negara kalian yang luar biasa ini," kata Hayward melalui penerjemahnya.

Dia mengemukakan bahwa prajurit Amerika Serikat selama mengikuti Latgabma SGS 2024 di Puslatpur 5 Marinir Baluran Situbondo, khususnya yang membantu membangun gedung sekolah SDN 2 Palangan telah tersentuh oleh kebaikan dan keramahan masyarakat sekitar.

"Prajurit kami telah tersentuh dengan kebaikan dan keramahan masyarakat sekitar selama tinggal di sini. Semua itu memberikan kesan yang baik," tuturnya.

Kolonel Hayward menambahkan, persahabatan antara TNI dan personel militer Amerika Serikat selama latihan benar-benar sangat menginspirasi.

"Atas nama komando Amerika Serikat, Angkatan Darat Amerika Serikat, dan saya sendiri mengucapkan banyak terima kasih," ujarnya.

Data diperoleh, ada dua jenis proyek pengerjaan dalam kegiatan ENCAP, yakni vertical project berupa renovasi SDN 2 Palangan dan horisontal project berupa perbaikan dan pengerasan jalan tank di Pusat Latihan Tempur 5 Baluran Situbondo sepanjang 1,4 kilometer.

Baca juga: Serbuan operasi amfibi jadi puncak Latgabma SGS 2024 di Situbondo

Baca juga: Panglima TNI tinjau langsung Latgabma SGS 2024 di Situbondo

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024