Telur yang berasal dari satwa dilindungi tersebut merupakan hasil penahanan di Bandara Syamsudin Noor pada Minggu dan Selasa lalu
Banjarbaru (ANTARA) - Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyerahkan 200 butir telur penyu sitaan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel yang merupakan hasil pengungkapan upaya penyelundupan ke Jakarta.

Kepala Karantina Kalsel di Banjarbaru, Kamis, didampingi petugas karantina menyerahkan secara langsung ratusan butir telur satwa dilindungi itu kepada Kepala BKSDA Kalsel Agus Ngurah Krisna.

“Telur yang berasal dari satwa dilindungi tersebut merupakan hasil penahanan di Bandara Syamsudin Noor pada Minggu dan Selasa lalu,” kata Sudirman.

Dia menjelaskan, ratusan telur penyu ini diamankan karena tidak dilengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan ketika akan dilalulintaskan, apalagi satwa tersebut merupakan jenis yang dilindungi.

“Sebelum diserahkan ke BKSDA, petugas karantina telah melakukan pemeriksaan untuk memastikan telur tersebut bebas dari hama dan penyakit,” ucapnya.

Sudirman mengatakan, serah terima telur penyu ini merupakan salah satu bentuk koordinasi dan kolaborasi antara Karantina dengan BKSDA dalam mendukung upaya perlindungan tumbuhan dan satwa liar/langka yang telah dijamin oleh undang-undang.

Dia mengungkapkan sesuai amanat Undang Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan dan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2023 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan, menyebutkan bahwa tugas karantina tidak hanya ditekankan pada pencegahan hama dan penyakit hewan, ikan, dan tumbuhan saja, namun juga pengawasan dan/atau pengendalian terhadap lalu lintas tumbuhan dan satwa dilindungi.

“Karena itu, saya mengajak bersama-sama kita jaga agar tumbuhan dan satwa tersebut tetap lestari di habitatnya,” ujar Sudirman.

Sebelumnya, Karantina Kalsel berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan butir telur penyu tersebut berkat kolaborasi dengan pihak Bandara Syamsudin Noor saat melakukan pemeriksaan di bandara. Bahkan tidak hanya telur, petugas juga menyita satu ekor penyu yang sudah diawetkan.

Baca juga: Karantina Kalsel sertifikasi 1,7 juta kepiting bakau ekspor
Baca juga: Karantina Kalsel sertifikasi 60 ikan arwana untuk ekspor ke Jepang
Baca juga: Karantina Kalsel sita ratusan karung bawang bombai impor ilegal

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024