Kota Mojokerto (ANTARA) - Pemkot Mojokerto, Jawa Timur, berhasil meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan kinerja dan governansi istimewa kategori platinum pada Anugerah Pandu Negeri (APN) 2024 oleh Indonesian Institute for Public Governance (IIPG).

Sekretaris Daerah Gaguk Tri Prasetyo, mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro menerima penghargaan tersebut dari Wakil Presiden Ke-11 RI sekaligus Ketua Dewan Penasihat IIPG, Boediono di Grand Ballroom Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, Kamis.

Anugerah Pandu Negeri 2024 mengusung tema Governansi dan Inovasi Daerah untuk Indonesia Unggul dan Berdaya Saing. Kategori Platinum menjadi level tertinggi setelah kategori gold, silver dan umum.

Gaguk mengatakan, dengan diraihnya Anugerah Pandu Negeri 2024, membuat seluruh jajaran di Pemkot Mojokerto semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan birokrasi dan pelayanan publik.

Baca juga: IIPG pilih 91 pemda penerima Anugerah Pandu Negeri 2024

Baca juga: IIPG beri anugerah praktik governansi terbaik bagi pemerintah daerah

"Penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran di Pemkot Mojokerto untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan dalam birokrasi," tuturnya.

Ia mengatakan, prestasi Kota Mojokerto dalam APN tidak berarti Kota Mojokerto sudah baik dan lantas berpuas diri, namun tetap harus terus bergerak bersama, bersinergi dan berkolaborasi untuk kebaikan masyarakat Kota Mojokerto.

"Di tengah era digitalisasi berbagai tantangan harus kita selesaikan, tentunya sinergi dan kolaborasi yang menjadi kuncinya," katanya.

APN 2024 dilakukan berdasarkan hasil penilaian praktik governansi terbaik dari 548 pemda di Indonesia. Kegiatan ini menjadi wujud nyata peran IIPG sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung reformasi governansi sektor publik agar mampu mencapai kinerja terbaik dengan mempertahankan sinergi dan harmonisasi multisektor.*

Baca juga: OJK tingkatkan kolaborasi perkuat governansi sektor jasa keuangan

Baca juga: KNKG galakkan sosialisasi pilar governansi lewat ETAK dan ARA

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024