Bagi Singapura, kerja sama ini akan mengamankan pasokan listrik bersih yang didukung sistem penyimpanan energi baterai
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengatakan bahwa kerja sama antara Indonesia-Singapura terjalin sangat baik dan strategis.

“Kemitraan Indonesia-Singapura sangat baik dan strategis bagi kedua negara. Perjanjian hari ini juga merupakan langkah maju yang signifikan dalam komitmen bersama untuk masa depan yang berkelanjutan,” kata Menko Luhut pada acara Indonesia International Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis.

Menurut Luhut, melalui perjanjian tersebut kedua negara akan saling mendapatkan keuntungan.

“Bagi Singapura, kerja sama ini akan mengamankan pasokan listrik bersih yang didukung sistem penyimpanan energi baterai dan solar PV yang diproduksi di Indonesia. Sementara itu, bagi Indonesia, ini menandai perubahan penting dalam landscape ekspor energi kita," katanya.

Sehingga, lanjut Luhut, kerja sama tersebut menguntungkan bagi kedua negara. "Ini yang penting".

Dia juga menyebutkan bahwa kemitraan itu merupakan langkah awal dalam transisi Indonesia dari pengekspor bahan bakar fosil menjadi pengekspor energi terbarukan.

“Ini juga akan mempercepat pengembangan industri hijau kita dalam bidang solar PV dan BESS yang menciptakan green jobs bagi masyarakat kita. Hari ini, saya sangat senang karena kita akan menyaksikan tonggak penting lainnya dalam kerja sama ini. Saya percaya kemitraan ini akan berjalan sesuai dengan prosedur pemerintah dan bisnis yang tepat, yang tetap setia pada tujuan awal," katanya.

Luhut berharap agar Indonesia dan Singapura dapat terus mendorong kerja sama dalam bidang investasi dan kolaborasi dan membangun pertumbuhan berkelanjutan bersama.

“Di forum ini saya ingin menyampaikan bahwa kolaborasi kita dengan Singapura sangat, sangat-sangat baik. Kemarin saya makan siang bersama Menteri Koordinator Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean dan Wakil Menteri Perdagangan dan Industri Tan See Leng di kantor saya. Kami sepakat untuk terus maju bersama-sama.

Jadi, saya yakin Indonesia bisa menjadi mitra yang baik bagi Singapura. Jadi mari kita tingkatkan kepercayaan ini untuk mendukung proyek bersama kita untuk potensi manfaat bagi masyarakat kedua negara," katanya.

Baca juga: Wapres jamu delegasi ISF santap malam di Monas
Baca juga: Pertamina Geothermal siap pimpin optimalisasi potensi panas bumi

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024