Banda Aceh (ANTARA) - Marching band Gita Handayani Dinas Pendidikan Aceh optimistis akan memberikan penampilan yang maksimal untuk memukau pengunjung saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. 9 September 2024.

"Kita sangat optimistis tampil baik. Karena memang anak-anak ini sudah sering tampil di istana negara, tampil luar negeri dan juga di acara-acara olahraga besar baik di daerah maupun di Indonesia," kata Pelatih Utama Marching Band Gita Handayani Taufiq Hidayat di Banda Aceh, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Taufiq di sela-sela melakukan latihan di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Banda Aceh, yang menjadi arena utama pelaksanaan upacara pembukaan atau Opening Ceremony PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Taufiq menyebut, persiapan Marching band Gita Handayani untuk tampil pada pembukaan sudah 90 persen.

Tim sudah siap dengan materi penampilan. Para peserta juga dalam kondisi prima dan sangat antusias untuk tampil saat pembukaan PON XXI.

"Anak-anak juga prima dan sangat antusias untuk pembukaan PON ini, karena memang kita sudah menyiapkan diri dari awal tahun," katanya.

Menurut dia, pada ajang olahraga empat tahunan kali ini, Marching band Gita Handayani akan tampil solo, tanpa kolaborasi dengan grup lainnya.


Baca juga: Aceh sediakan ribuan undangan pembukaan PON gratis untuk masyarakat

Penampilan Marching band tersebut akan melibatkan 150 peserta, dengan seragam dan semua serba baru yang khusus disiapkan untuk Opening Ceremony PON XXI.

"Awal 2024 kita sudah prepare. Kita latihan tiga kali setiap minggu. Kemudian ada penambahan-penambahan, sampai Juli dan Agustus sudah mulai 'praevent', kita tampil di beberapa ajang menyambut PON XXI," ujarnya.

Pada penampilan kali ini, Marching band Gita Handayani mengusung tema dari Aceh untuk Indonesia. Ada beberapa medley lagu yang telah disiapkan untuk persembahan pada acara pembukaan dengan durasi penampilan sekitar 8 menit.

"Di akhir penampilan, akan ada sebuah lagi judul Puspa Warni ciptaan Guruh Soekarnoputra yang menggambarkan indahnya Indonesia dan persatuan Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Pembukaan PON Aceh-Sumut tampilkan kesenian dan sejarah pahlawan

Baca juga: Menpora tetapkan pembukaan PON Aceh-Sumut pada 9 September 2024

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024