Dengan begitu, ini sebagai bukti nyata bahwa negara hadir untuk memberikan energi yang berkeadilan
Jayapura, Papua (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) menyalurkan sambungan listrik gratis kepada 229 keluarga tidak mampu di Kabupaten Nabire, Papua Tengah, melalui program pemerintah yakni bantuan pemasangan baru listrik (BPBL).

General Manager PLN UIW Papua dan Papua Barat Rizky Mochamad di Jayapura, Papua, Kamis, mengatakan bantuan tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah dalam pemerataan akses dan percepatan penyediaan tenaga listrik.

"Penyambungan listrik kepada 229 keluarga tidak mampu ini merupakan sinergi bersama kami dengan pemerintah dan DPR di Papua Tengah. Dengan begitu, ini sebagai bukti nyata bahwa negara hadir untuk memberikan energi yang berkeadilan," katanya.

Menurut Rizky, hal ini dilakukan dalam rangka merayakan Hari Pelanggan Nasional dan juga merupakan bukti sinergi bersama dalam mendorong tumbuhnya perekonomian khususnya di Papua Tengah.

"Target penerima di Provinsi Papua Tengah, Kabupaten Nabire, sebanyak 2.133 rumah tangga dan kini telah terlistriki 229 keluarga," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Perencanaan Distribusi Tenaga Listrik Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Nur Hidayanto mengatakan kriteria penerima BPBL yaitu rumah tangga yang belum tercatat sebagai pelanggan PLN dan berdomisili di daerah yang telah tersedia jaringan listrik tegangan rendah tanpa dilakukan perluasan jaringan.

"Selain itu, penerima BPBL juga harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial, yang mana berdomisili di wilayah 3T," katanya.

Menurut Nur, program BPBL yang diterima oleh masyarakat berupa pemasangan instalasi kelistrikan, tiga buah lampu, sebuah stop kontak, sertifikat laik operasi (SLO), biaya penyambungan daya 900 VA, dan voucher token senilai Rp100 ribu.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Nabire La Halim mengatakan keberadaan listrik sangat membantu masyarakat dalam beraktivitas produktif pada malam hari termasuk aktivitas belajar untuk anak sekolah.

"Maka dari itu, kami sangat memberikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan ini karena menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan yang lebih baik lewat penyediaan akses listrik bagi rumah tangga kurang mampu," katanya.

Baca juga: PLN Papua berikan bantuan sambungan listrik bagi 136 penerima manfaat
Baca juga: PLN siap dukung Pemda Papua fasilitasi penerangan jalan
Baca juga: PLN: hingga Mei 2.834 desa di Papua berhasil dilistriki


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024