Beijing (ANTARA) - Presiden Xi Jinping mengatakan pada Kamis bahwa China siap bekerja sama dengan Afrika untuk melaksanakan 10 rencana aksi kemitraan dalam tiga tahun ke depan untuk bersama-sama memajukan modernisasi.

Sepertiga populasi dunia tinggal di China dan Afrika, dan tidak akan ada modernisasi global tanpa modernisasi China dan Afrika, kata Xi dalam pidato utama di upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Kerja Sama China-Afrika (Forum on China-Africa Cooperation/FOCAC) 2024, sebagaimana warta Xinhua.

Sepuluh rencana aksi kemitraan yang akan diimplementasikan dalam tiga tahun ke depan, mencakup bidang pembelajaran bersama antarperadaban, kemakmuran perdagangan, kerja sama rantai industri, konektivitas, kerja sama pembangunan, kesehatan, pertanian dan mata pencaharian, pertukaran antarmasyarakat dan pertukaran budaya, pembangunan ramah lingkungan, dan keamanan bersama, katanya.

Xi mengusulkan agar karakter keseluruhan hubungan China-Afrika ditingkatkan menjadi komunitas China-Afrika dalam segala situasi dengan masa depan bersama untuk era baru.

Dia juga mengusulkan agar hubungan bilateral antara China dan semua negara Afrika yang memiliki hubungan diplomatik dengan China ditingkatkan ke level hubungan strategis.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024