Vientiane (ANTARA) - Edisi bahasa Laos dari buku Presiden China Xi Jinping tentang penanggulangan kemiskinan “Up and Out of Poverty” diluncurkan di Vientiane pada Rabu (4/9), lapor Kantor Berita Xinhua.

Lebih dari 150 pejabat, perwakilan media, anggota wadah pemikir, dan perwakilan lainnya dari China dan Laos turut menghadiri upacara peluncuran buku tersebut dan seminar tentang tata kelola negara yang diadakan setelahnya.

Para hadirin mengakui buku tersebut sebagai dokumen penting yang menguraikan gagasan mendalam Xi tentang pengentasan kemiskinan, pembangunan ekonomi, tata kelola daerah, peningkatan gaya kerja, dan peningkatan kapabilitas pemerintahan.

Buku tersebut mencerminkan Pemikiran Xi Jinping tentang Sosialisme dengan Karakteristik China untuk Era Baru, terutama cikal-bakal dan penelaahan praktis konsep "pengentasan kemiskinan tertarget", yang memberikan inspirasi melampaui ruang dan waktu, sebut para hadirin, seraya menambahkan bahwa partai, pemerintah, dan rakyat Laos sangat mengapresiasi buku tersebut.

Para hadirin menyoroti bahwa pencapaian luar biasa China dalam pengentasan kemiskinan dan pembangunan menjadi contoh yang baik, dengan adanya konsep "pengentasan kemiskinan tertarget" yang telah diadopsi dan menghasilkan manfaat di banyak negara berkembang, termasuk Laos.

Dalam beberapa tahun terakhir, mereka menyebut bahwa banyak manfaat telah dicapai dalam pembangunan komunitas dengan masa depan bersama antara China dan Laos.

Pembangunan bersama Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI) telah aktif bersinergi dengan tujuan Laos untuk mengubah dirinya dari negara yang terkurung daratan menjadi pusat yang terhubung oleh daratan.

Sejumlah megaproyek seperti Jalur Kereta China-Laos telah memberikan dorongan kuat untuk pembangunan koridor ekonomi China-Laos, sementara pertukaran budaya, pariwisata, dan pendidikan terus diperdalam, sehingga meningkatkan pemahaman bersama antara kedua bangsa.

Penerbitan buku "Bangkit dan Keluar dari Kemiskinan" edisi bahasa Laos ini akan menandai babak baru sekaligus tonggak pencapaian baru dalam persahabatan China-Laos.

Para hadirin meyakini bahwa sesi pleno ketiga Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) ke-20 memiliki arti penting baik bagi China maupun dunia pada umumnya, mengingat dalam sesi tersebut, sebuah cetak biru besar baru yang disusun secara ilmiah telah dihasilkan bagi China untuk mendukung negara itu memperdalam reformasi secara komprehensif dan memajukan modernisasinya lebih lanjut, yang sekaligus membawa kepercayaan diri, momentum, dan peluang baru bagi dunia.

Dari pengentasan kemiskinan hingga peremajaan nasional, arah modernisasi China menciptakan model baru bagi kemajuan umat manusia, serta memberikan negara-negara berkembang jalur menuju modernisasi yang diperkaya dan diperluas, kata mereka.

Acara ini diselenggarakan bersama oleh Kantor Informasi Dewan Negara China, Administrasi Penerbitan Bahasa Asing China, dan Kedutaan Besar China di Laos.

Buku "Bangkit dan Keluar dari Kemiskinan" edisi bahasa Laos ini diterjemahkan dan diterbitkan secara kolaboratif oleh penerbit-penerbit China dan Laos.

Sebelumnya, buku ini telah diterbitkan dalam edisi bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Mongolia Sirilik, Hausa, Swahili, dan Uzbekistan.
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024