Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 672 atlet bulu tangkis Indonesia maupun luar negeri bersaing dalam kejuaraan bulu tangkis khusus ganda12th Yonex-Sunrise Doubles Special Championships 2024 Presented by Candra Wijaya di Tangerang Selatan, Banten.

"Melalui turnamen ini, kami ingin memberikan wadah atau sarana pertandingan bagi pemain-pemain berbakat di nomor ganda sekaligus meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan pengalaman bertanding," ujar Ketua Panitia Pelaksana Yonex-Sunrise Doubles Special Championships 2024 Candra Wijaya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Candra mengatakan, pihaknya menyambut gembira antusiasme yang tinggi dara para pebulu tangkis untuk mengikuti ajang tersebut yang tersaji di Hall Daihatsu Yonex-Sunrise Candra Wijaya International Badminton Centre (DYSCWIBC) selama 4--6 September.

Kejuaraan khusus ganda tersebut mempertandingkan 14 nomor yaitu boy’s, girl’s, mix’s doubles U-15, U-17 dan U-19. Kemudian men’s, women’s, mix’s doubles serta digelar pula pertandingan nomor three on three gabungan usia 100+ dan 150+.

Ia menjelaskan, kejuaraan itu diikuti para pemain dari Jepang dan Australia sehingga menjadi momentum bagi para atlet di tanah air untuk menguji kemampuan dengan para pemain asing.

Candra berharap dapat menggelar turnamen tersebut secara berkelanjutan dengan kualitas yang meningkat baik dari penyelenggaraan dan jumlah peserta terutama dari luar negeri.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Banten Sudarto mengapresiasi turnamen tersebut sebagai ajang pembinaan olahraga bulu tangkis.

Menurutnya, turnamen ini menjadi bagian penting dalam pembinaan atlet untuk melahirkan para pebulutangkis muda khususnya pada nomor ganda yang bisa menjadi andalan Indonesia di masa depan.

"Kami senantiasa mendukung turnamen yang dibuat Candra Wijaya ini agar memunculkan bakat unggul pebulu tangkis di Banten," ujarnya.

Turnamen Yonex-Sunrise Doubles Special Championships 2024 Presented by Candra Wijaya menyediakan total hadiah Rp 235 juta dan secara resmi dibuka Wali Kota Tangerang Selatan, Benjamin Davnie.

Benjamin mengatakan, pihaknya bersyukur turnamen tersebut mulai digelar secara konsisten . sehingga menjadi sarana latih-tanding terbaik bagi pebulu tangkis muda nomor ganda.

"Turnamen ini menjadi kompetisi yang optimal mencari bibit pemain, terutama di Tangerang Selatan," ujarnya.

Lebih jauh, ia mengatakan, kondisi sarana dan prasarana untuk olahraga di Tangerang Selatan masih terbatas. Namun, dengan dukungan para pemangku kepentingan olahraga seperti Candra Wijaya melalui turnamen ganda itu membuat program pembinaan olahraga bulutangkis bisa berjalan maksimal.

"Semoga ini terus bergulir setiap tahun dan menginspirasi bagi generasi muda untuk berprestasi di olahraga bulu tangkis serta menjalankan program pembinaan dengan maksimal," imbuhnya.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024