Tutup dulu, steril dulu, tamu mau lewat, tutup sekarang
Jakarta (ANTARA) - Polisi mulai menutup jalan di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat menjelang jamuan makan malam (gala dinner) pada Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024.

Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta menjadi lokasi jamuan makan malam (gala dinner) bagi kepala negara dan tamu kehormatan dalam acara ISF 2024.

Tampak polisi mulai menutup sepanjang Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman (Bundaran Patung Kuda sampai dengan Bundaran Senayan) sejak pukul 18.55 WIB.

Penutupan juga dilakukan hingga Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Medan Merdeka Timur atau tepat di kawasan Kedutaan Besar (Kedubes) Takhta Suci Vatikan.
 
Tak hanya polisi, terlihat personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga ikut menjaga dan memastikan jalan di sekitar kawasan Monas steril.

Baca juga: Sambut ISF 2024, Luhut berharap generasi muda ‘melek’ krisis iklim
Baca juga: Para duta ISF sebut anak muda perlu serukan kepedulian akan iklim
 
Arus lalu lintas terlihat ditutup saat tamu atau petinggi negara menuju pintu masuk Monas. Saat itu, kendaraan dilarang melintas di ruas jalan tersebut.

"Tutup dulu, steril dulu, tamu mau lewat, tutup sekarang," ucap petugas yang berjaga.
 
Adapun di pintu Monas mulai dijaga personel polisi dan panitia acara untuk memastikan kedatangan tamu undangan.

Operasional kegiatan di kawasan Monas juga ditutup untuk umum selama dua hari pada Rabu (4/9) dan Kamis ini.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menyampaikan kawasan Monas, Jakarta menjadi lokasi jamuan makan malam (gala dinner) bagi kepala negara dan tamu kehormatan dalam acara Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024.

Baca juga: Kadin akan serahkan hasil ISF 2024 kepada pemerintahan baru
Baca juga: RI hidangkan rawon, sukun telur asin, dalam ajang gastrodiplomasi ISF
 
“Monas dipilih menjadi tempat jamuan makan malam karena monumen ini merefleksikan nilai-nilai luhur sejarah kebangkitan Indonesia, yang sejalan dengan semangat kolaborasi yang ingin diusung ISF. Di tengah tantangan global saat ini, semangat kolaborasi menjadi sangat penting untuk mewujudkan aksi dan inovasi yang diharapkan muncul di ISF 2024,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin di Jakarta, Selasa (27/8).
 
Menurutnya, pada agenda itu akan dijamu 500 tamu kehormatan untuk menikmati hiburan berupa video mapping di Monas, serta atraksi pencahayaan yang menampilkan gambar animasi atau video di dinding Monas bagian Plaza Barat.

Rachmat mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka forum ISF 2024 beserta jamuan makan malam yang keduanya diselenggarakan oleh Kemenko Marves dengan dukungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia).

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024