Transformasi digital diharapkan menjadi fondasi ekosistem keberlanjutan yang berlandaskan transparansi data dan interoperabilitas....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan transformasi tata kelola integrasi teknologi digital menjadi enabler yang sangat relevan untuk kurangi dampak lingkungan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Transformasi digital diharapkan menjadi fondasi ekosistem keberlanjutan yang berlandaskan transparansi data dan interoperabilitas untuk pengambilan keputusan yang mendukung transisi energi yang berkeadilan," kata Azwar pada Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis.

Menurut Azwar, saat ini Kementerian PANRB sedang menyusun Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional (GDRBN) Tahun 2025-2045 yang memuat arah kebijakan pelaksanaan reformasi birokrasi nasional ke depan. GDRBN tersebut akan menyempurnakan upaya-upaya reformasi birokrasi yang telah berjalan saat ini.

"Sekaligus mengakomodasi perubahan lingkungan strategis serta tantangan-tantangan global," katanya.

Integrasi teknologi digital melalui Digital Public Infrastructure (DPI) atau Infrastruktur Publik Digital merupakan terobosan yang saat ini dikembangkan pemerintah untuk memenuhi layanan publik dalam rangka implementasi energi hijau.

Pemerintah meluncurkan GovTech Indonesia dengan nama INA Digital yang mencakup 9 layanan prioritas, termasuk Digital Public Infrastructure (DPI), layanan di bidang pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, dan bidang lainnya yang akan terus dikembangkan.

Azwar berharap agar konferensi internasional ISF dapat memberikan perspektif baru dan dukungan terhadap upaya pemerintah dalam mendorong transformasi tata kelola pemerintahan. "Semoga bisa berdampak untuk menjaga iklim yang lebih berkelanjutan, hijau dan nyaman," katanya pula.

Perpres 82/2003 mengamanatkan target September (Triwulan III) 2024 yang diwujudkan dengan konsep rilis terbatas yang selaras dengan best practices Govtech negara lain serta praktik di industri dalam perilisan aplikasi.

Sebanyak tiga aplikasi dari INA Digital akan dirilis secara terbatas pada minggu keempat September, yakni Ina Gov, INA Pas, dan INA Ku yang mencakup 19 fitur awal untuk diakses oleh ASN hingga masyarakat umum.

Sejumlah negara seperti India, Estonia, dan Singapura telah memiliki catatan sukses terkait dengan digitalisasi tersebut.

Forum ISF 2024 merupakan ajang resmi Pemerintah Indonesia bagi para pemimpin dunia dari berbagai sektor dan negara untuk dapat bertukar pikiran dan pengetahuan sekaligus memberikan solusi dan praktek terbaik menghadapi perubahan iklim.

Perhelatan akbar yang berlangsung selama dua hari itu meliputi sejumlah agenda mulai dari sesi utama yang menghadirkan pembicara kunci, Pleno, Tematik, High Level Dialogue, Memorandum of Understanding (MoU) Signing, Pameran, hingga Gala Dinner.

Gala Dinner yang akan digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas) itu akan dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan dihadiri 500 tamu undangan VIP serta menyuguhkan pertunjukan video mapping dan makanan khas Nusantara.
Baca juga: Kadin akan serahkan hasil ISF 2024 kepada pemerintahan baru
Baca juga: Sambut ISF 2024, Luhut berharap generasi muda ‘melek’ krisis iklim

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024