Jakarta (ANTARA) - Brigjen TNI Andi Sulaiman resmi mendaftar sebagai calon gubernur Kalimantan Utara pada Rabu, 28 Agustus 2024 di KPUD Kaltara di Tanjung Selor, Bulungan. Ia didampingi pasangannya, Prof. Adri Patton, sebagai calon wakil gubernur.

Pasangan calon pendaftar pertama di KPUD Kalimantan Utara ini didukung oleh dua partai politik, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Nasional (PAN)

Saat ini Sulaiman menjabat Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kalimantan Utara (Kaltara) untuk masa bakti 2021-2026.

Andi Sulaiman lahir di Maros, Kaltara 23 Juli 1967, dan menyelesaikan pendidikan SMA di kota kelahirannya pada 1986. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: Pengundian nomor urut pilgub Kaltara dibatasi

Lulus dari pendidikan militer, Andi telah bertugas di berbagai daerah di Indonesia, di antaranya di Ambon, Sulawesi, Jawa, dan Kalimantan.

Pangkat Brigadir diraih dari buah kerja kerasnya. Ia juga pernah bertugas di Badan Inteligen Negara (BIN) pada 2018, setelah sebelumnya di Mabes TNI Cilangkap.

Keluarga

  • Nama istri : Hj. Siti Rohaidah, S.Pd
  • Anak : Rohman Achandas, SE, Dwi Febriani, S.P, Nata Hartaman Virajati
Pendidikan

  • Akademi Militer (Akmil), Magelang
Karier

  • Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) Daerah Kaltara (2018 - 2022)
  • Bagian dari pemerintahan mengawal kebijakan pemerintah (2019)
  • Ketua Badan Pengurus Wilayah KKSS Kalimantan Utara (2021- saat ini)
Baca juga: Profil Zainal A Paliwang, bakal cagub di Pilkada Kaltara 2024

Baca juga: Profil Ingkong Ala, cawagub Kaltara pendamping Zainal di Pilkada 2024


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024