Jakarta (ANTARA) - Pembalap motor Miguel Oliveira resmi meneken kontrak dengan tim Prima Pramac Yamaha Factory Team untuk menghadapi MotoGP musim 2025 dan 2026.

“Merupakan hak istimewa yang luar biasa bagi saya untuk mewakili merek ikonik dalam olahraga kami seperti Yamaha. Selama bertahun-tahun saya berkembang dan tiba di MotoGP, saya selalu memandang motor Yamaha dengan sangat antusias,” kata Oliveira, dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Kamis.

Pembalap asal Portugal itu kini memasuki tahun keenamnya di kelas MotoGP dan tahun ke-14 di ajang balap motor berbagai kelas.

Pembalap berusia 29 tahun yang sangat berpengalaman ini memiliki banyak prestasi di kelas utama dan kelas junior, termasuk 17 kemenangan balapan (5x MotoGP, 6x Moto2, 6x Moto3) dan 41 podium (7x MotoGP, 21x Moto2, 13x Moto3) dan satu podium MotoGP Sprint di Sachsenring tahun ini.

Untuk tahun 2025-2026, para penggemar Yamaha dan MotoGP dapat menantikan penampilan Oliveira dengan motor barunya, yaitu Yamaha YZR-M1 buatan pabrikan.

“Saya ingin berterima kasih kepada Yamaha Motor Company atas komitmennya kepada saya dalam fase transisi penting proyek ini ... Saya yakin saya dapat berguna dalam periode transisi ini untuk membawa motor ini kembali ke puncak,” kata Oliveira.

“Saya sangat bahagia dan bersemangat untuk memulai babak baru ini,” ujarnya menambahkan.

Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing Lin Jarvis mengatakan pihaknya senang dan bersemangat menyambut Oliveira ke dalam tim.

“Kami senang mengumumkan bahwa pembalap profesional dan berpengalaman seperti Miguel Oliveira bergabung dengan jajaran Yamaha untuk tahun 2025-2026, dan kami mengucapkan selamat datang kepadanya di proyek MotoGP Yamaha,” kata Jarvis.

“Miguel adalah pembalap yang memiliki pengetahuan teknis, pengalaman, kecepatan, dan ketepatan yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa Yamaha YZR-M1. Kami sangat menantikan untuk bekerja sama dengannya sebagai anggota kunci proyek MotoGP Yamaha, dan ia dapat mengandalkan dukungan penuh kami,” imbuhnya.

Baca juga: FIM dan Dorna Sports perpanjang kontrak MotoGP hingga 2060

Baca juga: Quartararo dan Rins kembali nantikan peningkatan di San Marino


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024