Sektor pertanian dan pariwisata menjadi dua dari tiga sektor unggulan pembangunan di Bantul, karena besarnya sumbangsih terhadap PDRB (produk domestik regional bruto) Kabupaten Bantul
Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Abdul Halim Muslih menyebut bahwa sektor pariwisata menjadi salah satu dari tiga sektor unggulan pembangunan di kabupaten ini.

"Sektor pertanian dan pariwisata menjadi dua dari tiga sektor unggulan pembangunan di Bantul, karena besarnya sumbangsih terhadap PDRB (produk domestik regional bruto) Kabupaten Bantul," kata Bupati pada acara Wiwitan Semarak Dirgantara di Bantul, Kamis.

Selain itu, kata Bupati, pariwisata, pertanian dan sektor industri menjadi sektor unggulan karena besarnya populasi masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada ketiga sektor tersebut.

"Karena itu besar harapan kita kegiatan Gebyar Dirgantara yang akan digelar di kawasan Pantai Depok Bantul nanti dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan memberikan efek domino bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, terlebih sektor pariwisata adalah sektor strategis yang dapat mengangkat pergerakan ekonomi sektor-sektor yang lain.

Lebih lanjut Bupati Halim mengatakan, kegiatan semarak dirgantara memiliki peran strategis untuk mengenalkan dunia kedirgantaraan kepada masyarakat Bantul, serta mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Kabupaten Bantul.

"Saya juga apresiasi atas kegiatan menanam pohon kelengkeng pada hari ini yang juga berperan strategis dalam menjaga kelestarian lingkungan kita dan mendukung sektor pertanian," katanya.

Rangkaian kegiatan Semarak Dirgantara akan dimulai pada 7 September 2024 dengan pawai Marching Band Gita Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU) dengan puncak acara digelar pada 28 dan 29 September 2024 di kawasan Pantai Depok Bantul.

Asisten Potensi Dirgantara Kepala Staf Angkatan Udara (Aspotdirga Kasau) Marsekal Muda TNI Andi Wijaya dalam sambutannya mengatakan, penanaman pohon kelengkeng secara simbolis merupakan salah satu bentuk komitmen TNI AU dan Pemkab Bantul dalam melestarikan lingkungan serta mendukung program penghijauan di Bantul.

"Penghijauan tidak hanya penting untuk menjaga ekosistem, tetapi juga untuk keberlanjutan generasi mendatang. Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi langkah awal dari gerakan bersama dalam merawat bumi," katanya.

Baca juga: Bantul susun regulasi aksi penataan kawasan Gumuk Pasir Parangtritis
Baca juga: Bantul promosikan kuliner khas melalui Festival Kuliner Mataraman
Baca juga: Destinasi wisata Bantul dikunjungi 199.352 orang selama Januari 2024


Pewarta: Hery Sidik
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024