Jakarta (ANTARA) -
Steven Octavianus Estefanus Kandouw yang lebih dikenal sebagai Steven Kandouw, merupakan salah satu tokoh kunci dalam politik Sulawesi Utara saat ini. Dilaporkan bahwa PDIP mengusungnya sebagai calon gubernur dalam Pilkada Sulawesi Utara 2024.

Dengan pengalaman politik yang panjang, Steven memiliki rekam jejak yang kuat di bidang pemerintahan, memulai kariernya sebagai anggota DPRD Sulawesi Utara pada tahun 2004.

Selama bertugas di DPRD, Steven Kandouw menempati sejumlah posisi strategis, termasuk sebagai Ketua Komisi II yang mengurusi bidang ekonomi dan keuangan. Jadi, siapa sebenarnya sosok Steven Kandouw ini? Berikut ulasannya.
 
Profil Steven Kandouw

Nama Lengkap: Steven Octavianus Estefanus Kandouw
Tanggal Lahir: 5 September 1969
Tempat Lahir: Tondano, Sulawesi Utara
Umur: 55 Tahun
Partai: PDIP
 
Steven Kandouw, lahir pada 5 September 1969, ia telah menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Utara sejak 12 Februari 2016. Sebelum itu, ia memulai karier politiknya sebagai anggota DPRD Sulawesi Utara pada 2004.

Selama 11 tahun di DPRD, Steven menjabat sebagai Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan. Pada September 2014, ia terpilih sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara setelah meraih 33.649 suara dalam Pemilu Legislatif 2014.

Pada 2015, PDI Perjuangan menunjuk Steven Kandouw sebagai calon Wakil Gubernur untuk mendampingi Olly Dondokambey dalam Pilkada Serentak pertama di Indonesia. Pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw berhasil memenangkan Pilkada dengan 647.252 suara, mengungguli pesaingnya dengan selisih yang signifikan.

Steven Kandouw resmi dilantik sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Utara pada 12 Februari 2016 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, bersama Gubernur Olly Dondokambey.
 
Dalam dunia pendidikan, Steven Kandouw memiliki latar belakang pendidikan yang cukup dbilang baik. Ia menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri IV Tondano pada 1982, kemudian melanjutkan ke SMP Santa Ursula Jakarta (lulus 1985) dan SMA Kanisius Jakarta (lulus 1988). Pada tahun 1995 ia menyelesaikan gelar sarjana dalam Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.
 
Di bidang organisasi, Steven memegang berbagai posisi strategis yang mencerminkan dedikasinya. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Sulawesi Utara, Bendahara KONI Sulut, Ketua Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) Sulut, dan Penasihat Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulut.

Selain itu, Steven juga memimpin Palang Merah Indonesia (PMI) Sulut, memperlihatkan komitmennya terhadap pelayanan kemanusiaan.
 
Berkat karier politik yang matang dan latar belakang pendidikan yang solid, Steven Kandouw akan kembali bersaing dalam Pilgub Sulut 2024. Dalam pemilihan tersebut, ia akan berpasangan dengan Alfred Denny Djoike Tuejeh sebagai calon Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

​​​​​​​
Baca juga: Gubernur Olly dorong Steven Kandouw di pilkada Sulut

Baca juga: Profil Elly E Lasut, bakal calon gubernur Sulawesi Utara 2024

Baca juga: Profil Andi Sudirman Sulaiman cagub Sulawesi Selatan 2024
 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024