AI dapat berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan birokrasi
Depok (ANTARA) - Sekretaris Universitas Indonesia (UI) dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., menegaskan bahwa UI mendukung gerakan reformasi birokrasi untuk menciptakan birokrasi yang lebih efektif dan lebih efisien sesuai dengan kebutuhan.

"Salah satu bentuknya adalah dengan mempromosikan dan menerapkan inisiatif zona integritas yang dilakukan oleh fakultas, sekolah, dan program pendidikan vokasi untuk meningkatkan layanan publik internal dan eksternal," kata Agustin di Kampus Depok, Kamis.

Agustin berpendapat, reformulasi metode pembelajaran di perguruan tinggi menjadi penting, termasuk penyesuaian kurikulum, agar sejalan dengan perkembangan teknologi.

"Langkah ini dianggap esensial untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan tetap relevan dan dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan masa depan,” ujar Agustin.

Untuk itu kata dia, acara Zona Integritas (ZI) Award 2024 yang bertema “Peranan Artificial Intelligence dalam Transformasi Universitas” menyoroti soal kecerdasan buatan (AI) dalam mengubah wajah dunia pendidikan di Indonesia.

Pada kegiatan ini hadir sebagai narasumber adalah Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI, Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom; Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemdikbudristek, Dr. Yudhisthira Nugraha, S.T., MCIT ADV; Government Account Lead Amazon Web Services, Dr. Muhammad Yopan, S.T., MBA, dan Customer Success Manager Southeast Asia—Elsevier, Dr. Johan Jang.

Keempat narasumber tersebut mengulas penggunaan AI dalam transformasi berbagai sektor khususnya dunia pendidikan.


Baca juga: UI sosialisasi penguatan zona integritas melalui transformasi digital
Baca juga: Zona Integritas cegah gratifikasi dan korupsi di lingkungan kampus


Tahun ini, penerima ZI Award untuk Peringkat 1 adalah Fakultas Teknik (FT), lalu di Peringkat 2 Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), dan Peringkat 3 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB). Sedangkan Harapan 1 diraih oleh Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), dan Harapan 2 diraih oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

FT membawa pulang penghargaan dari kategori lainnya, yakni Area Manajemen Terbaik, Area Penataan Tatalaksana Terbaik, Area Sistem Manajemen SDM Aparatur Terbaik, dan Area Penguatan Pengawasan Terbaik.

FIK meraih penghargaan untuk Area Penguatan Akuntabilitas Terbaik dan Area Peningkatan Kualitas Layanan Publik Terbaik.
 
Kemudian, penghargaan Best PIC diberikan kepada Pradnya Paramytha Pharameswari (FIB), Erning Setiyono (FMIPA), dan Nourma Yunita (FT).


Kepala Biro TREM UI, Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D., mengatakan bahwa penerapan AI yang bijaksana dan etis tidak hanya mendukung inovasi dalam pendidikan tetapi juga mendorong transformasi di lingkungan perguruan tinggi.

"ZI Award 2024 menunjukkan bahwa AI dapat berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan birokrasi melalui tanggung jawab dan integritas," katanya.

Baca juga: UI perkuat implementasi reformasi birokrasi
Baca juga: FKM UI raih predikat zona integritas nenuju wilayah bebas korupsi
Baca juga: Kemendikbud tunjuk UI sebagai PTN zona integritas

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024