Jakarta (ANTARA) - Federasi Olahraga Balap Motor Internasional (FIM) dan pemegang hak cipta MotoGP Dorna Sports memperpanjang kontrak kerja sama mereka untuk kejuaraan balap motor kelas utama tersebut hingga tahun 2060.

Dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Kamis, kedua pihak menilai kelanjutan dari kemitraan yang sukses ini menjamin nilai, kontinuitas, dan peluang yang tak tertandingi untuk MotoGP dalam lanskap olahraga global yang berkembang pesat.

“Kolaborasi yang berkelanjutan dan semakin erat antara FIM, Dorna Sports, dan pemangku kepentingan utama lainnya adalah sesuatu yang telah dibangun selama bertahun-tahun, kepercayaan dan kerja sama yang kini terjalin di samping perjanjian jangka panjang ini menawarkan landasan yang hebat bagi pengembangan MotoGP di masa mendatang beserta semua kejuaraan terkait,” kata Presiden FIM Jorge Viegas.

Adapun Dorna pertama kali mengamankan hak promosi Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM pada tahun 1992.

Baca juga: FIM umumkan batasan usia baru untuk pembalap Moto3 pada 2024

Bersama-sama, kemitraan ini telah memperluas kesuksesan dan popularitas olahraga ini bagi para penggemar di seluruh dunia dan terus melakukannya, dengan MotoGP menikmati lintasan pertumbuhan global yang mengesankan selama beberapa musim terakhir.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta mengatakan, kemitraan antara FIM dan Dorna bersama asosiasi tim IRTA dan asosiasi pabrikan (MSMA) mendukung ekosistem yang patut dibanggakan dalam MotoGP.

“Kami telah membangun sesuatu yang benar-benar istimewa dan akan terus mengembangkan olahraga ini lebih jauh lagi, dengan bekerja sama,” kata Ezpeleta.

Selain keberhasilannya dalam mendorong pertumbuhan global MotoGP, ia menambahkan bahwa kemitraan ini juga telah memperluas popularitas dan jangkauan balap motor di seluruh dunia, mulai dari tingkat akar rumput hingga tingkat tertinggi kompetisi profesional.

Beberapa di antaranya adalah Kejuaraan Dunia Superbike, MotoE, JuniorGP, hingga untuk para pembalap motor putri.

“Dapat mencapai kesepakatan jangka panjang seperti ini memberikan nilai tambah yang luar biasa bagi MotoGP. Dalam lanskap olahraga dan hiburan saat ini, tingkat konsensus yang kami nikmati di MotoGP adalah sesuatu yang kami banggakan, dan ini meletakkan dasar yang fantastis bagi olahraga kami untuk terus berkembang,” ujar Ezpeleta.

Baca juga: FIM dan Dorna perkenalkan Kejuaraan Balap Motor Wanita

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024