Viva il Papa, Viva Papa Francisco
Jakarta (ANTARA) - Kehadiran Pemimpin umat Katolik dunia yang juga Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus di kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis sore, disambut meriah oleh sekitar 87.000 umat Katolik yang hadir guna mengikuti ibadah misa.

Gelaran ibadah misa bersama Paus Fransiskus itu dijadwalkan dimulai pada 17.00 WIB.

Paus Fransiskus tiba di lokasi sekitar pukul 16.15 WIB dengan disambut oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta para jajarannya.

Ketibaan Paus Fransiskus dilanjutkan dengan berkeliling menggunakan mobil Maung MV3 produksi PT Pindad, yang dimodifikasi secara khusus untuk digunakan oleh Paus Fransiskus dalam menyapa para jemaat yang hadir.

Baca juga: Jokowi tiba di Stadion Madya GBK untuk temui Paus

Paus Fransiskus menyapa para jemaat yang hadir di Stadion Madya terlebih dahulu dan kemudian melanjutkan perjalanannya menuju ke dalam Stadion GBK.

Para jemaat yang hadir juga menyambut Paus Fransiskus dengan meneriakkan yel-yel yang telah disiapkan sebelumnya.

"Viva il Papa, Viva Papa Francisco (Hidup Paus, Hidup Paus Fransiskus)," begitulah yang diteriakkan oleh para jemaat yang hadir.

Baca juga: Jemaat Katolik mulai berdatangan ke kawasan GBK jelang Misa Akbar

Selain yel-yel, kehadiran Paus Fransiskus juga disambut dengan nyanyian lagu Kristus Jaya dan Ave Maria oleh para jemaat.

Untuk diketahui, kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia ini merupakan ketiga kalinya, setelah Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik ke kawasan Asia-Pasifik selama 3-13 September 2024, untuk mengunjungi empat negara yakni Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Perjalanan selama 11 hari itu akan menjadi lawatan paling lama Bapa Suci berusia 87 tahun tersebut, sejak 11 tahun kepemimpinan atas Tahta Suci Vatikan.

Baca juga: Bayi sembilan bulan dapat doa langsung dari Paus Fransiskus


 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024