Perkembangan ini meningkatkan pilihan pengiriman, secara signifikan meningkatkan throughput kami...
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan industri maritim dan logistik Meratus Group melalui anak usahanya OJA berkolaborasi dengan perusahaan pelayaran Mediterranean Shipping Company (MSC) untuk empat layanan khusus, yaitu Seahorse, Lang Co, Kiwi, dan Capricorn.

Presiden Direktur Meratus Jasa Prima (MJP) Farid Belbouab dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis, mengatakan kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat hubungan perdagangan penting antara Indonesia dan wilayah Asia Pasifik.

“Perkembangan ini meningkatkan pilihan pengiriman, secara signifikan meningkatkan throughput kami, dan memperkuat posisi Indonesia sebagai hub logistik terkemuka di kawasan Asia-Pasifik,” kata Farid.

Kapal pertama, MSC Elisabeth III, dari layanan KIWI yang menghubungkan Asia Tenggara dengan Asia Timur Laut dijadwalkan berangkat dari Terminal OJA pada 5 September.

Terminal OJA berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan luas 8,2 hektare dan dermaga sepanjang 600 meter yang dipersiapkan untuk menangani operasi bongkar muat dengan volume tinggi.

Penambahan layanan ini akan memfasilitasi perdagangan internasional, meningkatkan kemampuan ekspor Indonesia, serta memperluas koneksi ke Asia Tenggara dan Asia Timur Laut, termasuk China.

Farid menambahkan, perkembangan ini diharapkan dapat meningkatkan throughput Terminal OJA dan meningkatkan pendapatannya sebesar 30 persen, sehingga Terminal OJA dapat menjadi hub strategis untuk jalur perdagangan global.

“Ini memperkuat komitmen Meratus Group terhadap logistik terintegrasi dan meningkatkan konektivitas maritim,” ujar Farid.

Sebagai bagian dari proyek Terminal Nusantara dari Meratus Group, Perusahaan optimistis Terminal OJA akan memainkan peran penting dalam meningkatkan konektivitas perdagangan internasional melalui hub domestik Meratus di Jakarta, menghubungkan pelabuhan internasional di seluruh Asia dan dunia.

“Dengan layanan baru ini, Terminal OJA siap menjadi gerbang utama untuk perdagangan internasional dan pemain penting dalam konektivitas logistik di seluruh kawasan Asia-Pasifik dan sekitarnya,” kata Farid pula.
Baca juga: Meratus tambah armada Kaimana guna tingkatkan pengiriman internasional

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024