Jakarta (ANTARA) - Andi Sudirman Sulaiman resmi menjadi bakal calon kepala daerah di Pilkada serentak 2024. Andi berpasangan dengan mantan Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi dalam Pilkada Sulawesi Selatan kali ini.

Andi-Fatmawati diusung oleh beberapa partai politik yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yakni, Partai Gerindra, NasDem, Golkar, PAN, PKS, Hanura, PSI, Demokrat dan Partai Gelora.

Andi Sudirman Sulaiman adalah seorang politikus yang berasal dari Dusun Bakunge, Kabupaten Bone. Andi merupakan adik dari menteri pertanian dua periode 2014-2019 dan 2019-2014, Andi Amran Sulaiman.

Andi mengawali karier politiknya sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan periode 2018-2023. Di tengah periode jabatannya, ia dilantik oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan menggantikan Nurdin Abdullah yang tersandung kasus korupsi pada tahun 2021. Saat itu Andi berusia 38 tahun yang menjadikannya gubernur termuda di Indonesia.

Latar belakang pendidikan Andi adalah Sarjana Teknik, ia menyelesaikan studinya di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin kurang dari 4 tahun. Saat berkuliah ia juga mendapatkan program beasiswa ikatan dinas di perusahaan multinasional PT. Thiess Contractors Indonesia.

Bermodalkan prestasinya tersebut, Andi melanjutkan kariernya di perusahaan-perusahaan multinasional, yang terakhir ia menjabat sebagai project manager di PT offshore Services Indonesia hingga akhirnya mulai berkarier di dunia politik.

Saat ini pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman-Fatmawati Rusdi bertekad untuk mewujudkan visi misi yang mereka usung yaitu Sulsel Maju dan Berkarakter, mengedepankan sopan santun sipakatau dan sipakalebbi.

Baca juga: Profil Victor Mailangkay, calon wakil gubernur Sulawesi Utara 2024
Baca juga: Profil Zainal A Paliwang, bakal cagub di Pilkada Kaltara 2024

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024