Jakarta (ANTARA) -
Victor Mailangkay merupakan politikus senior Partai Nasdem yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara. Victor telah mendapat dukungan dari partainya untuk maju sebagai calon wakil gubernur (cawagub) dalam Pilkada Sulut 2024.

Dukungan ini selaras dengan pencalonan Yulius Selvanus Komaling sebagai calon gubernur yang diusung oleh Partai Gerindra, menjadikan pasangan Yulius-Victor sebagai kandidat yang didukung oleh dua partai besar. Selain itu, pasangan ini juga mendapat dukungan dari PKB, Nasdem, Golkar, PKS, dan PSI.
 
Profil Victor Mailangkay

Nama Lengkap: Victor Mailangkay
Tanggal Lahir: 20 September 1957
Tempat Lahir: Makassar, Sulawesi Selatan
Umur: 66 Tahun
Partai: Nasdem
 
Victor Mailangkay merupakan politikus Indonesia yang meraih gelar doktor dari Universitas Hasanuddin. Ia memulai karier politiknya di Partai Golkar sejak tahun 1980-an, termasuk mengikuti diklat kader bangsa di Semarang pada 1982 dan orientasi fungsionaris di Jakarta pada 2009.

Victor menjabat sebagai Wakil Sekretaris Partai Golkar Sulawesi Utara pada 1984-1988 dan sebagai Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sulut dari 2009 hingga 2015. Selain itu, ia pernah menjadi anggota DPRD Manado dan DPRD Sulut.
 
Victor, yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 20 September 1957, akhirnya bergabung dengan Partai Nasdem dan mengaku telah mengikuti sembilan pemilu, dengan hasil lolos ke parlemen tujuh kali dan gagal dua kali.
 
Meskipun berpindah partai, Victor tetap memperoleh kepercayaan dari warga dan terpilih kembali sebagai anggota DPRD Sulut. Dedikasinya yang tinggi membawanya pada posisi Wakil Ketua DPRD Sulut serta Ketua DPW Partai Nasdem Sulut sejak 2022.
 
Dukungan dari Partai Perindo, yang disampaikan oleh Ketua DPP Partai Perindo Sektor Hukum dan HAM, Tama S Langkun, semakin memperkuat posisi Victor sebagai calon pemimpin yang layak dipertimbangkan di Sulut.
 
Tak hanya itu, ia juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Manado dalam beberapa periode serta sebagai anggota DPRD Sulawesi Utara dari dapil Kota Manado.
 
Victor Mailangkay pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI namun tidak berhasil. Kemudian, pada 25 Maret 2022, ia dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasdem Sulawesi Utara berdasarkan Surat Keputusan Nomor 94-Kpts/DPP-NasDem/III/2022.
 
Tidak hanya sampai disitu, pada Pilgub 2024, Victor Mailangkay kembali dicalonkan sebagai wakil gubernur, berpasangan dengan Yulius Selvanus Komaling sebagai calon gubernur. Pasangan ini dianggap sebagai duet yang ideal karena keduanya memiliki nama yang sudah dikenal luas.

Baca juga: Profil Yulius Selvanus, calon gubernur Pilkada Sulut 2024
Baca juga: Profil Zainal A Paliwang, bakal cagub di Pilkada Kaltara 2024

 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024