Jakarta (ANTARA) -
Mayor Jenderal TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling, bakal calon gubernur (cagub) Sulawesi Utara dari Partai Gerindra, dikenal sebagai sosok berprestasi dan berpengalaman di dunia militer. Yulius merupakan lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1988 dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Partai Gerindra menargetkan kemenangan di Pilkada Sulut 2024 dengan mengusung figur dari kalangan TNI sebagai calon gubernur. Sosok Yulius Selvanus dikenal sebagai orang dekat Presiden terpilih Prabowo Subianto, yang akan bertarung dalam pemilihan tersebut.

Berikut merupakan profil Yulius Selvanus Komaling, bakal calon gubernur Sulawesi Utara dari Partai Gerindra.


Profil Yulius Selvanus Komaling

Nama Lengkap: Yulius Selvanus Komaling
Tanggal Lahir: 16 September 1963
Tempat Lahir: Tana Toraja, Sulawesi Selatan
Umur: 60 Tahun
Partai: Gerindra
 
Yulius Selvanus merupakan seorang purnawirawan TNI Angkatan Darat dengan karier militer yang panjang dan beragam. Profilnya memberikan gambaran lebih mendalam tentang perjalanan Yulius Selvanus di dunia militer hingga langkahnya menuju karier politik.
 
Yulius Selvanus merupakan Brigadir Jenderal TNI dari Kopassus yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Daerah Kepulauan Riau (Kabinda Kepri). Ia pernah dikenal sebagai anggota Tim Mawar, yang pada 1999 diadili terkait kasus penculikan aktivis. Selvanus juga tercatat masuk dalam jajaran Badan Intelijen Negara (BIN).
 
Lahir di Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada 16 September 1963, Yulius Selvanus Komaling merupakan lulusan terbaik Akademi Militer 1988 dari Kecabangan Infanteri (Kopassus).
 
Sebelum terjun ke dunia politik sebagai calon gubernur, Mayor Jenderal TNI (Purn) Komaling telah mengabdi di berbagai posisi strategis, termasuk sebagai Wakil Komandan Grup 1 Kopassus dari 2010 hingga 2012. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Komandan Korem 181/Praja Vira Tama di Papua Barat serta Kepala Badan Instalasi Strategis Kementerian Pertahanan RI.
 
Komaling memiliki latar belakang pendidikan militer yang kuat, termasuk Pendidikan Komando, Diklapa I dan II, serta Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) dan Sekolah Staf dan Komando TNI.
 
Sepanjang kariernya, ia pernah menjabat sebagai Kabinda Kepulauan Riau di Badan Intelijen Negara (BIN) dan staf khusus Kepala Staf Angkatan Darat. Terakhir, ia menjadi Asisten Khusus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.
 
Dengan rekam jejak yang baik dan pengalaman strategis yang luas, Yulius Selvanus Komaling kini maju sebagai calon gubernur Sulawesi Utara yang diusung oleh Partai Gerindra, berpasangan dengan Victor Mailangkay sebagai calon wakil gubernur.
 
Pasangan tersebut maju dengan dukungan kuat dari sejumlah partai besar, termasuk PKB, Nasdem, Gerindra, Golkar, PKS, dan PSI.

Baca juga: Profil Sulaiman Agusto, Cawagub Pilkada Sulawesi Tengah 2024
Baca juga: Profil Ingkong Ala, cawagub Kaltara pendamping Zainal di Pilkada 2024

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024