Di area kantong parkir Kavling C3 Kemayoran yang berada di Jalan Benyamin Suaeb sudah melebihi kapasitas dari yang didaftarkan
Jakarta (ANTARA) - Panitia dari Keuskupan Agung mengatur waktu penjemputan bus untuk jemaat yang mengikuti misa akbar di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Kamis, dengan waktu yang berbeda guna menghindari kepadatan lalu lintas.

Anggota panitia Keuskupan Bogor Jakarta Alexander mengatakan berdasarkan imbauan yang disampaikan kepada dirinya diminta untuk mengatur sekitar 60 bus dari berbagai wilayah di Kabupaten Bogor untuk menjemput para jemaat sekitar pukul 17.00 dari kantong parkir Kemayoran.

"Saya diperintahkan dari Keuskupan itu jam 17.00 WIB  saat misa dimulai, bus-bus sudah mulai jalan dari Kemayoran," kata Alexander saat ditemui di area kantong parkir C4 Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis.

Alexander memastikan bus-bus tersebut mulai bersiaga di pintu 6 dan 7 Kawasan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, setelah berangkat dari kantong parkir Kemayoran.

Sementara itu, anggota panitia Keuskupan Agung Jakarta Gandhi mengatakan pihaknya mengatur agar bus-bus yang membawa jemaat dari Jakarta dan sekitarnya dapat menjemput mulai pukul 19.00 hingga 20.00 WIB dari Kemayoran.

Senada dengan itu, staf pengawas bus dari Yayasan Paskalis Jakarta Pusat, Septian diarahkan untuk berangkat menuju Stadion GBK sekitar pukul 18.00 WIB.

"Memang beda-beda arahannya. Kalo kami disuruh jalan dari sini jam 18.00 WIB atau satu jam sebelum misa selesai. Kalau paroki lain, ada yang jam 20.00 WIB baru berangkat dari parkiran," kata Septian.

Sejauh ini, area kantong parkir bus jemaat misa akbar bersama Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus, sudah mencapai kapasitas.

Di area kantong parkir Kavling C3 Kemayoran yang berada di Jalan Benyamin Suaeb sudah melebihi kapasitas dari yang didaftarkan, yakni 350 bus yang sudah terparkir.

Unit Pengelola (UP) Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyediakan dua kantong parkir lainnya untuk bus yang baru datang, yakni di Kavling C4 Kemayoran dan Wisma Atlet Kemayoran dengan kapasitas masing-masing sebanyak 100 bus.
Baca juga: Umat Katolik mulai padati SUGBK jelang Misa Suci Akbar
Baca juga: Paus Fransiskus, Imam Besar tandatangani Deklarasi Bersama Istiqlal
Baca juga: Anak 4 tahun diberkati langsung dan dapat rosario dari Paus Fransiskus

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024