itu realistis dan produktif untuk masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil menjawab banyaknya keraguan masyarakat terkait janjinya yang ingin membangun perumahan warga di atas pasar hingga stasiun jika terpilih di Pemilihan Gubernur Jakarta 2024.

Mantan Gubernur Jawa Barat yang memiliki latar belakang sebagai arsitektur itu mengatakan membangun perumahan di atas pasar dan stasiun itu realistis dan produktif untuk masyarakat.

“Seorang Ridwan Kamil, selama dua tahun dari 2001 sampai 2003 itu tinggal di apartemen di atas stasiun. Jadi saya bersama almarhum Eril (putranya) di Hong Kong tinggal di apartemen di atas stasiun. Jadi, produktif banget hidupnya. Turun ke bawah langsung ketemu stasiun kereta,” kata Ridwan saat dijumpai di Jakarta Pusat, Kamis.

Ridwan melanjutkan poin dari program tersebut bukanlah soal jumlah stasiun di Jakarta. Namun, Ridwan menilai hal penting dari program ini adalah lahan di Jakarta yang mahal.

Dengan adanya program ini, maka akan terbuka kesempatan untuk menghadirkan lahan-lahan rumah untuk masyarakat.

“Lahan-lahan itu disertifikasi untuk perumahan rakyat sesuai jumlah aspirasi. Makanya nggak hanya di atas stasiun. Ada puluhan di atas pasar (yang akan dibangun hunian). Jadi dikombinasikan, Inshaaallah itu menjadi solusi,” kata Ridwan.

Sebelumnya, Ridwan mengatakan akan membangun perumahan warga di atas pasar hingga stasiun. Hal itu diungkapkannya saat bertemu  Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (TKN Fanta)  Prabowo-Gibran di Menteng, pada Senin (2/9).

Menurutnya permintaan untuk memperbanyak perumahan atau hunian warga merupakan permintaan Prabowo. Selain di atas stasiun, Prabowo juga mengarahkan agar lahan bekas pemerintah yang ditinggalkan saat Jakarta tak lagi jadi ibu kota untuk dialihkan menjadi perumahan.
Baca juga: KPU DKI: Tiga paslon di Pilgub DKI belum penuhi syarat administrasi 
Baca juga: Pramono-Rano jadwalkan sambangi Sutiyoso pekan ini
Baca juga: Dharma-Kun kaji terkait desain ulang tata kota Jakarta secara bertahap


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024