Jakarta (ANTARA) - Salah satu politisi Kalimantan Selatan dari Partai Nasdem siap untuk maju di Pilkada 2024 yaitu Akhmad Rozanie Himawan Nugraha.

Akrab disapa Rozanie, sosoknya dikenal ramah dan mudah bergaul dengan berbagai kalangan. Kehadirannya kerap menarik perhatian masyarakat dan berharap maju sebagai pemimpin untuk membawa perubahan.

Rozanie mencalonkan dirinya di Pilkada Kalsel 2024 sebagai calon wakil gubernur, mendampingi Raudhatul Jannah atau Acil Odah sebagai calon gubernur.

Pasangan kandidat nomor satu ini berhasil mengantongi berbagai dukungan gabungan partai politik besar di Indonesia yakni Golkar, Nasdem, Gerindra, PKB, dan PDI-P.

Momen kedatangannya ke kantor KPU Kansel untuk menyerahkan berkas, sangat ramai dengan antusias para pendukungnya. Didampingi para pendukungnya dengan selingan penampilan hadroh, menambah keramaian penyambutan pasangan kandidat ini.

Lantas, siapakah Akhmad Rozanie Himawan Nugraha? Berikut ini adalah profil dan perjalanan kariernya untuk mengenal lebih dalam.

Baca juga: Profil Raudhatul Jannah "Acil Odah", cawagub Kalsel di Pilkada 2024

Lahir di Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan tanggal 28 Maret 1983, Rozanie mengeyam pendidikan di SDN Purwosari 1 Tamban tahun 1990, SMP Negeri 1 Bati-Bati tahun 1999, SMA 1 Barabai tahun 2002.

Rozanie mengawali kariernya sebagai Komisaris PT 3R sejak tahun 2005-2014 sekaligus menjabat Komisaris PT Tiga Putra Borneo. Selanjutnya, Rozanie memulai usaha apotek bernama Apotek Bunda Sekumpul di Martapura, Kabupaten Banjar.

Usahanya semakin berkembang dan Rozanie memperluas usahanya dengan buka toko cabang apotek di Balitan, Kota Banjarbaru. Salah satu cabang apotek ketiganya berada di Pasar Lama, Banjarmasin.

Pengalaman politik yang ia miliki, Rozanie mulai masuk ke dunia politik tahun 2011. Rozanie diberikan kepercayaan menduduki jabatan sebagai Ketua DPD Partai Nasdem, Kabupaten Banjar.

Usai jabatan tersebut, tahun 2016 Rozanie memegang posisi sebagai Sekretaris DPW Nasdem Provinsi Kalsel. Posisi jabatan tersebut masih bertahan selama kurang lebih 8 tahun ini.

Rozanie sekaligus menjadi anggota DPRD Kalsel tahun 2019-2024. Dirinya pernah mencalonkan diri pada Pileg DPR RI lalu, namun kesempatan tersebut gagal ia raih.

Saat ini, maju menjadi kandidat calon Wakil Gubernur Kalsel di Pilkada 2024 dengan memiliki banyak pengalaman politik, semangat tinggi untuk memajukan Kalimantan Selatan, dan berbagai dukungan partai politik yang berkisar 1 juta lebih suara, Rozanie sangat optimis menang mendapatkan kepercayaan masyarakat dan menjadi wakil pemimpin Kalimantan Selatan.

Baca juga: Profil Muhidin, calon gubernur Kalsel dalam Pilkada 2024
Baca juga: Profil Hasnuryadi Sulaiman, Cawagub Kalsel dalam Pilkada 2024


Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024