Jakarta (ANTARA) - Penyanyi sekaligus penulis lagu, Arash Buana, menghadirkan karya baru yang sentimental bertajuk "life update" sebuah karya yang seakan mengantarkannya memulai perjalanan hidup baru.

Album "life update" memuat sebanyak 11 judul lagu dengan satu trek fokus berjudul "Hey, I'm Tired" yang memakan waktu produksi selama empat bulan lamanya yang dirasa mampu mengisahkan cerita pribadi dari Arash.

“Lagu ini tentang cewek gue. Tapi fun fact-nya adalah gue bikin lagu ini sebelum jadian sama dia. Jadi kayak the stories inside of the song itu fiktif. Akhirnya gue pacaran sama dia dan surprisingly apa yang dituliskan di lagu terjadi di kehidupan gue sekarang,” kata Arash dalam keterangannya, Kamis.

Baca juga: Arash Buana mantapkan perjalanan album kedua lewat "Take Me Home"

Membahas keseluruhan album, Arash mengaku berkat album perdananya maka di album kedua ini dirinya tidak terlalu pusing untuk mengurutkan trek untuk album ini.

Ia menganggap karya musiknya tak harus sempurna dengan membiarkan semua berjalan apa adanya dan tanpa beban agar lebih mengenal diri.

One thing for sure yang gue tau adalah dari pemilihan track list-nya memang gue sebagai manusia aja. Membuat album 'life update' ini gue anggap sebagai salah satu cara biar tau gue siapa,” ungkapnya.

Baca juga: Arash Buana rilis single baru "goodbye (but i love you so)"

Berbicara soal aransemen album "life update", ia mengaku hanya mengaplikasikan metode low frequency sebagai cara mengeksplorasi cara bermusik yang baru.

Dengan metode tersebut, Arash merasa lebih bisa menghargai hasil karyanya sendiri dan memiliki rasa memiliki terhadap karya yang dihasilkannya.

Membedah dari sisi penulisan, pria kelahiran 2003 itu memang membuat lirik lagu yang mudah dicerna dengan target pendengar semua kalangan.

Baca juga: Arash haturkan maaf untuk yang terkasih lewat "I've Always Loved You"

Sebagai musisi, ia merasa perilisan album ini momentum yang berharga dan semoga lagu-lagu di dalamnya bisa menemani segala momen kehidupan para pendengar seusianya.

“Penulisan gue kali ini sangat sentimental dan sangat mengarah ke sisi psikologis yang kuat. Banyak omongan tentang trauma, pengalaman pahit di awal karier, dan penerimaan. Selama ini gue selalu merasa gue harus melakukan apa untuk orang bukan untuk gue. For the first time in my life, setelah gue bisa berdamai dengan situasi dan gue siapa. Di album ini, gue merasa lega dan sangat bangga dengan gue sendiri bisa menuliskan lagu-lagu ini,” jelas Arash.

Penggarapan album "life update" turut melibatkan musisi-musisi besar lainnya seperti Farrel Cahyono, Petra Sihombing, Rendy Pandugo, dan Will Mara. Farrel Cahyono bahkan berperan cukup banyak dengan berkontribusi untuk menggarap 6 lagu sekitar 6-7 bulan.

Album "life update" karya Arash Buana akan dapat dinikmati masyarakat luas mulai Jumat, 6 September 2024.

Baca juga: .Feast persembahkan album baru bertajuk "Membangun dan Menghancurkan"

Baca juga: Neona Ayu rilis album mini baru bertajuk "Pretty Girl Rock"

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024