Para pekerja yang disabilitas juga mempunyai hak sama dengan pekerja lainnya
Jakarta (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mengunjungi dan mengapresiasi perusahaan yang merekrut pekerja disabilitas di Hari Pelanggan Nasional (Hapelnas) yang diperingati setiap tanggal 4 September.

Tim BPJAMSOSTEK Jakarta Cabang Salemba mengunjungi perusahaan yang telah mengimplementasikan Inclusive Job Center (IJC), yaitu PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) di Jakarta Pusat.

Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus BPJAMSOSTEK Jakarta Salemba Moch Arfan beserta perwakilan staf dari Bidang Kepesertaan dan Bidang Pelayanan, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, bertemu dengan Slamet Hariyanto selaku Supervisor HC PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI).

“Alhamdulillah, TIKI sudah melaksanakan Inclusive Job Center (IJC). Kami sudah mempekerjakan sejak tahun 1995, dengan total jumlah pekerja sampai sekarang 5 (lima) orang dan ditempatkan di bagian operator telepon," ujar Slamet.

Dia juga menyatakan sangat terbantu dengan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan terkait klaim jaminan kematian maupun jaminan kecelakaan kerja yang dilakukan perusahaannya selama ini.

Baca juga: Imigrasi Surabaya wujudkan kesetaraan dunia kerja lewat "I'm Possible"
Baca juga: Mensos Risma beri penghargaan 15 perusahaan pekerjakan disabilitas 


Ditemui terpisah Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cabang Salemba Brian Aprinto mengatakan Inclusive Job Center (IJC) bertujuan mendukung inklusi pekerja disabilitas masuk ke dalam dunia kerja.

"Para pekerja yang disabilitas juga mempunyai hak sama dengan pekerja lainnya. Kami apresiasi PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) yang sudah memberikan kesempatan kepada pekerja disabilitas sesuai dengan kemampuan mereka," ungkap Brian.

Sebagaimana pekerja lain, tenaga kerja disabilitas juga wajib terlindungi dari risiko kerja melalui program BPJS Ketenagakerjaan sehingga menjadi langkah konkret dalam mendorong inklusi pekerja disabilitas di Indonesia.

"Kami berharap lebih banyak lagi perusahaan memberikan kesempatan kepada para pekerja disabilitas sebagai bentuk persamaan kesempatan dan peningkatan perekonomian mereka," ucap Brian.

Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus BPJAMSOSTEK Jakarta Salemba Moch Arfan (kedua kiri) menyerahkan plakat sebagai apresiasi kepada Slamet Hariyanto selaku Supervisor HC PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) yang telah mempekerjakan disabilitas di perusahaan tersebut. ANTARA/HO-bpjamsostek


Baca juga: DKI wajib serap dua persen penyandang disabilitas dari jumlah PNS
Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan pastikan pekerja disabilitas terlindung jamsostek
Baca juga: Bupati Karawang ajak perusahaan rekrut pekerja lokal dan disabilitas
​​​​​​​

 

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024