Jakarta (ANTARA) - Perum Peruri terus melakukan upaya pemulihan kualitas layanan agar website atau laman meterai elektronik dapat berfungsi secara normal dan dapat digunakan kembali oleh seluruh pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024.

"Masih dalam upaya pemulihan agar segera kembali normal dan bisa diakses," menurut pernyataan resmi Peruri kepada Antara yang dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Hingga Kamis (5/9) siang, layanan https://meterai-elektronik.com masih terkendala. Ketika membuka pilihan "Daftar Sekarang" pada laman itu, akses terputus dengan layar menampilkan tulisan "Error 1200"

Peruri melalui Head of Corporate Secretary Adi Sunardi sebelumnya pada Rabu sore, mengungkapkan adanya perlambatan pelayanan e-meterai karena antusiasme masyarakat yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir menjelang penutupan pendaftaran CASN.

Karena itu, laman layanan e-meterai mengalami lonjakan penggunaan yang mengakibatkan adanya antrian yang cukup panjang bagi pengguna yang ingin mengakses layanan e-meterai.

Peruri juga menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi dalam proses pembelian dan pembubuhan meterai elektronik (e-meterai), khususnya dalam proses pendaftaran CASN 2024.

"Saat ini kami sedang melakukan upaya terbaik untuk memulihkan kualitas layanan agar laman meterai elektronik dapat berfungsi secara penuh kembali oleh seluruh pelamar CASN 2024," kata Adi.

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai dibuka pada 20 Agustus 2024. Sebanyak 547 instansi pemerintah yang terdiri dari 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah menyediakan total 250.407 formasi.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka pendaftaran CPNS 2024 hingga pekan pertama bulan September 2024. Dikutip dari laman Instagram resmi BKN @bkngoidofficial, penutupan pendaftaran CPNS 2024 adalah Jumat, 6 September 2024, kecuali untuk Kemendikbudristek dan Kemenag. Pendaftaran CPNS 2024 Kemendikbudristek tutup pada 13 September 2024, sedangkan CPNS 2024 Kemenag tutup pada 14 September 2024.

Baca juga: Peruri pertegas peran sebagai penjaga kedaulatan rupiah di FERBI 2024
Baca juga: Menpan RB: Operasional PAP wujud akselerasi layanan bagi ASN
Baca juga: Kemenkominfo siap akselerasi transformasi digital lewat INA digital

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024