Upaya tersebut untuk menciptakan penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran
Ambon (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku terus mendorong pendaftaran subsidi tepat sebagai salah satu instrumen pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite di wilayah Papua Maluku.

"Upaya tersebut untuk menciptakan penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran, dimana program subsidi tepat Pertalite telah dilaksanakan di seluruh wilayah termasuk Papua Maluku," kata Area Manajer Comm, Rel and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun di Ambon, Kamis.

Ia menjelaskan, tujuan program subsidi tepat Pertalite yakni melakukan pendataan sekaligus pencatatan pengguna serta volume sehingga penyaluran Pertalite dapat tepat sasaran sesuai aturan yang berlaku

Agar penyaluran dapat berjalan optimal, diperlukan pencatatan pengguna BBM bersubsidi, dengan demikian penyaluran BBM subsidi dapat lebih diawasi dan diberikan kepada yang berhak.

Sebagai upaya mendukung program pemerintah, pihaknya mengajak masyarakat segera mendaftarkan kendaraan, khususnya kendaraan roda empat yang menggunakan Pertalite untuk mendapatkan kode batang subsidi tepat.

"Jika belum memiliki kode batang Pertalite, maka akan dialihkan untuk mengisi BBM non subsidi seperti Pertamax,” kata Edi.

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku juga terus meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait pelaksanaan program subsidi tepat, mulai dari pendataan dokumen kendaraan yang didaftarkan hingga proses transaksi pembelian Pertalite di SPBU.

Dalam proses pendaftaran kode batang Pertalite masih banyak ditemui pendaftaran yang gagal karena kualitas foto KTP dan nomor polisi yang salah atau tidak jelas.

"Untuk itu diperlukan kualitas foto yang jernih serta pengambilan gambar agar terlihat jelas sehingga pendaftaran diterima dan konsumen bisa mendapatkan QR Code tersebut,” katanya.

Pihaknya berharap, dukungan dari seluruh masyarakat khususnya bagi yang belum melakukan pendaftaran Subsidi Tepat Pertalite sehingga saat bertransaksi di SPBU dapat menggunakan kode batang dan transaksi tersebut dapat tercatat dan sesuai dengan peruntukkan.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait Program Subsidi Tepat Pertalite dapat mengunjungi website https://subsiditepat.mypertamina.id dan menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta mengakses akun media sosial @pertamina @ptpertaminapatraniaga @mypertamina.

Baca juga: Pertamina - Hiswana migas komitmen pemerataan distribusi BBM di Maluku
Baca juga: Pertamina Patra Niaga Maluku Papua sosialisasikan QR code BBM subsidi

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024